Pengaruh Teknik Stealth Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Yc Di Kota Malang,

Azzahra, Adinda Siti and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc. and Rizkiana Maharddhika, SS., M.Pd. (2024) Pengaruh Teknik Stealth Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Yc Di Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen merupakan sasaran utama yang sangat berharga dan harus diperhatikan perilakunya oleh perusahaan. Perilaku konsumen merupakan segala sesuatu yang mendasari konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, dengan mempelajarinya dapat membantu perusahaan dalam merancang konsep strategi pemasarannya untuk mendapatkan calon konsumen baru maupun mempertahankan konsumen lama (Rosmayati et al., 2020). Salah satu bentuk perilaku konsumen adalah minat atau keinginan dalam membeli suatu produk. Perusahaan dapat menarik minat beli konsumen dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran, salah satunya adalah stealth marketing. Stealth marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan untuk mencapai tujuan ekonomi dengan cara mengkomunikasikan informasi tentang suatu produk atau jasa kepada konsumen secara diam-diam (Sabir et al., 2015). YC merupakan salah satu unit bisnis pada sektor makanan cepat saji dengan menggunakan prinsip ready to eat. Merek ini dimiliki oleh PT X yang merupakan perusahaan retail dan memiliki minimarket waralaba di seluruh Indonesia yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk. Hal tersebut menyebabkan ketatnya persaingan antar produk dalam menarik minat beli konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh YC stealth marketing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik stealth marketing yang digunakan oleh YC yaitu berupa viral marketing, brand pushers, dan celebrity marketing berpengaruh terhadap menarik minat beli konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di Kota Malang pada Januari hingga Februari 2024. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden minimarket PT X melalui metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran tentang data responden yang telah dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada setiap kategori pertanyaan dan pilihan jawaban serta analisis linier regresi berganda untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan teknik stealth marketing yaitu viral marketing, brand pushers, dan celebrity marketing secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk makanan cepat saji. Secara parsial, viral marketing dan brand pushers memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk YC. Namun, penggunaan teknik celebrity marketing tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk YC secara parsial. Oleh karena itu, disarankan bagi perusahaan untuk lebih memaksimalkan penggunaan teknik viral marketing dan brand pushers sebagai strategi stealth marketing yang digunakan.

English Abstract

Consumers are the primary target that is highly valuable and their behavior should be considered by the company. Consumer behavior encompasses everything that underlies consumers in making purchasing decisions, and studying it can help companies in designing their marketing strategy concepts to attract potential new consumers and retain existing ones (Rosmayati et al., 2020). One aspect of consumer behavior is the interest or desire to purchase a product. Companies can attract consumer buying interest by using various marketing strategies, one of which is stealth marketing. Stealth marketing is a marketing strategy carried out to achieve economic goals by covertly communicating information about a product or service to consumers (Sabir et al., 2015). YC is one of the business units in the fastfood sector that operates on the principle of ready to eat. This brand is owned by PT X, a retail company that has franchised minimarkets throughout Indonesia offering more than 5,000 types of products. This results in intense competition among products in attracting consumer buying interest. One of the marketing strategies used by YC is stealth marketing. Therefore, this research aims to determine whether the stealth marketing techniques used by YC, namely viral marketing, brand pushers, and celebrity marketing, influence consumer buying interest. This research is a quantitative study conducted in Malang City from January to February 2024. The data used are primary data obtained from distributing questionnaires to 100 respondents of PT X minimarkets through the accidental sampling method. The analytical method used in this research is descriptive analysis to obtain an overview of the collected data and multiple linear regression analysis to explain the relationship between independent variables and dependent variables. The research findings conclude that the simultaneous use of stealth marketing techniques, specifically viral marketing, brand pushers, and celebrity marketing, influences consumer purchase intention for fast food products. Partially, viral marketing and brand pushers have a significant positive influence on consumer purchase intention for YC products. Meanwhile, the use of celebrity marketing does not have a significant influence on consumer purchase intention for YC products partially. Therefore, it is recommended for companies to maximize the use of viral marketing techniques and brand pushers as a stealth marketing strategy employed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040180
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:06
Last Modified: 05 Jun 2024 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219822
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Siti Azzahra.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item