Peran Mediasi Kepuasan Kerja Dalam Hubungan Antara Keadilan Organisasional Dengan Keterikatan Kerja Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan SMK)

Nafisah Azzahra, Fatin (2024) Peran Mediasi Kepuasan Kerja Dalam Hubungan Antara Keadilan Organisasional Dengan Keterikatan Kerja Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan SMK). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bidang pendidikan turut memperoleh dampak yang signifikan. Hal ini membawa tantangan baru terutama pada guru SMK untuk dapat menciptakan siswa yang berkualitas sehingga memiliki daya saing di dunia kerja pada masa mendatang. Menghadapi dinamika tersebut, tingkat work engagement dari guru pengajar menjadi salah satu faktor kunci untuk menentukan kualitas pendidikan. Terdapat beberapa faktor yang berkorelasi dengan work engagement, dua diantaranya adalah job satisfaction dan organizational justice. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan tujuan untuk melihat peran mediasi job satisfaction dalam hubungan antara organizational justice dan work engagement pada guru SMK di Kabupaten Jember. Partisipan pada penelitian ini merupakan guru SMK di Kabupaten Jember (N=111) dengan 75,7% diantaranya berasal dari instansi swasta. Hasil uji hipotesis dengan simple correlation dan bootstrapping menunjukkan bahwa, 1) keadilan organisasional berkorelasi signifikan positif dengan kepuasan kerja, 2) kepuasan kerja berkorelasi signifikan positif dengan keterikatan kerja, 3) keadilan organisasional berkorelasi signifikan positif dengan keterikatan kerja, dan 4) kepuasan kerja tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara keadilan organisasional dan keterikatan kerja. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi tambahan mengenai dinamika work engagement di kalangan guru SMK.

English Abstract

Along with the rapid development of technology, the education sector has also had a significant impact. This brings new challenges, especially for vocational teachers, to be able to create quality students so that they have competitiveness in the world of work in the future. Facing these dynamics, the level of work engagement of teaching teachers is one of the key factors to determine the quality of education. There are several factors that correlate with work engagement, two of which are job satisfaction and organizational justice. This study is a quantitative correlational research with the aim to see the mediating role of job satisfaction in the relationship between organizational justice and work engagement among vocational teachers in Jember Regency. The participants in this study were vocational high school teachers in Jember Regency (N=111) with 75.7% of them coming from private institutions. The results of hypothesis testing with simple correlation and bootstrapping show that, 1) organizational justice is significantly positively correlated with job satisfaction, 2) job satisfaction is significantly positively correlated with work engagement, 3) organizational justice is significantly positively correlated with work engagement, and 4) job satisfaction does not act as a mediator in the relationship between organizational justice and work engagement. The results obtained in this study are expected to be an additional reference regarding the dynamics of work engagement among vocational teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 21 May 2024 02:26
Last Modified: 21 May 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219688
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fatin Nafisah Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item