Analisis Preferensi Konsumen dan Kesediaan Membayar Terhadap Produk Beras Merah Organik di Kota Malang

Febriani, Novia Risma and Dr. Rosihan Asmara, SE., M.P. and Deny Meitasari, S.P., M.Sc. (2024) Analisis Preferensi Konsumen dan Kesediaan Membayar Terhadap Produk Beras Merah Organik di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap konsumsi pangan semakin bergerak kearah konsumsi yang lebih memerhatikan lingkungan dan kesehatan. Terutama pada kondisi pascapandemi COVID-19 seperti saat ini, masyarakat lebih sadar akan pentingnya hidup sehat dengan mengonsumsi bahan pangan organik. Salah satu produk pangan yang dinilai ramah lingkungan serta bermanfaat dari segi kesehatan oleh masyarakat adalah beras merah organik. Dari sisi permintaan, konsumsi beras merah organik mulai mengalami peningkatan. Namun, kekurangan dari beras merah organik sendiri adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan beras non organik atau biasa, sehingga hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja (Siallagan et al., 2021). Hal ini dikarenakan beras merah organik termasuk beras khusus yang tidak dikenai aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga beras ini tidak memiliki batas harga maksimum. Selain itu, setiap individu memiliki preferensi berbeda-beda terhadap produk beras yang akan dikonsumsi, serta memiliki kesediaan membayar yang berbeda-beda pula. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2023 di Kota Malang. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner terhadap 50 responden. Penentuan responden dilakukan dengan metode non probability sampling, yaitu snowball sampling. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis karakteristrik konsumen produk beras merah organik di Kota Malang, analisis konjoin untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap produk beras merah organik di Kota Malang, serta Contingent Valuation Method (CVM) untuk menganalisis nilai Willingness to Pay produk beras merah organik di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang diinginkan konsumen dalam pembelian produk beras merah organik secara berurutan berdasarkan tingkat kepentingannya adalah produk dengan harga rendah (< Rp 26.500/kg), terdapat label organik, terdapat informasi panduan memasak pada kemasan, serta produk dengan kemasan plastik vacum. Nilai willingness to pay produk beras merah organik di Kota Malang sebesar Rp 33.020/kg. Nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata harga produk beras merah organik di Kota Malang saat ini yaitu sebesar Rp 30.000/kg, sehingga terdapat surplus konsumen sebesar Rp 3.020. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi produsen atau pemasar sebagai acuan untuk pengembangan strategi produk serta menetapkan harga jual produk dengan mempertimbangkan preferensi konsumen terhadap produk beras merah organik di Kota Malang.

English Abstract

Indonesian people's awareness of food consumption is increasingly moving towards consumption that pays more attention to the environment and health. Especially in the current post-COVID-19 pandemic conditions, people are more aware of the importance of healthy living by consuming organic food. One food product that is considered environmentally friendly and beneficial in terms of health by the public is organic brown rice. In terms of demand, the consumption of organic brown rice has started to increase. However, the drawback of organic brown rice itself is that the price tends to be more expensive compared to non-organic or regular rice, so it is only consumed by certain circles (Siallagan et al., 2021). This is because organic brown rice is a special rice that is not subject to the Highest Retail Price (HET) rules set by the government, so this rice does not have a maximum price limit. In addition, each individual has different preferences for rice products to be consumed, and has different willingness to pay. This research was conducted in December 2023 in Malang City. Data were collected by interview using a questionnaire to 50 respondents. Determination of respondents was carried out by non probability sampling method, namely snowball sampling. The data obtained will be analyzed using descriptive analysis methods to analyze the characteristics of consumers of organic brown rice products in Malang City, conjoin analysis to analyze consumer preferences for organic brown rice products in Malang City, and Contingent Valuation Method (CVM) to analyze the value of Willingness to Pay for organic brown rice products in Malang City. The results showed that the combination of attributes desired by consumers in purchasing organic brown rice products in order of importance is a product with a low price (<Rp 26,500/kg), there is an organic label, there is cooking guide information on the packaging, and products with vacuum plastic packaging. The willingness to pay value of organic brown rice products in Malang City is IDR 33,020/kg. This value is higher than the current average price of organic brown rice products in Malang City which is IDR 30,000/kg, so there is a consumer surplus of IDR 3,020. This is expected to be used as a source of information for producers or marketers as a reference for developing product strategies and setting product selling prices by considering consumer preferences for organic brown rice products in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040311
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:01
Last Modified: 05 Jun 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219636
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Novia Risma Febriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item