Evaluasi Kinerja di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan Pendekatan Balanced Scorecard

Ergunanta S, Timothy (2019) Evaluasi Kinerja di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah alat pengukuran kinerja organisasi yang komprehensif, seimbang dan terukur. Lebih dari sekedar sistem pengukuran taktis atau operasional, Balanced Scorecard juga sebagai alat manajemen strategis yang menerjemahkan visi dan strategi ke dalam 4 perspektif Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran-pertumbuhan dengan terukur, komprehensif, dan seimbang. Keunggulan-keunggulan ini sangat membantu manajemen dalam mengevaluasi kinerja mereka dan juga merumuskan strategi perusahaan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan Perum PNRI mengalami penurunan. Perspektif pelanggan menunjukan pada tahun 2019 tingkat kemampuan Perum PNRI untuk mendapatkan pelanggan baru belum maksimal. Perspektif proses bisnis internal menunjukan perusahaan telah melakukan inovasi pada setiap tahunnya untuk terus memperbaiki kualitas terhadap produknya. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang baik sedangkan tingkat absensi masih harus ditingkatkan.

English Abstract

In dealing with increasingly complex business environments such as today it takes a performance measurement method that can assess the company's performance accurately and thoroughly. In this case the usable method is the Balanced Scorecard. Balanced Scorecard is a comprehensive organizational performance measurement tool, balanced and measurable. More than just a tactical system or operational measurement, Balanced Scorecard is also a strategic management tool that translates vision and strategy into 4 perspectives of Balanced Scorecard i.e the financial Perspective, the customer perspective, the perspective of the internal business process, and the perspective of the growth-learning perspective with measurable, comprehensive, and balanced. These advantages are very helpful for management in evaluating their performance as well as formulating further corporate strategies. The results showed that the financial perspective of Perum PNRI had decreased. Customer perspective showed in 2019 the ability level of Perum PNRI to get new customers not maximum. The perspective of the internal business process showed the company has been innovating annually to continuously improve the quality of its products. The learning and Growth perspectives show good performance while the attendance level still needs to be improved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051902
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 17 May 2024 07:58
Last Modified: 17 May 2024 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219542
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Timothy Ergunanta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item