Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Sekolah Penggerak (Studi pada SMPIT Insan Permata Kota Malang)

Ariani, Rosyida and Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani, M.S and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos, M.AP (2024) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Sekolah Penggerak (Studi pada SMPIT Insan Permata Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pendidikan sangat memerlukan pemimpin yaitu kepala sekolah sangat krusial sebagai kunci keberhasilan pembelajaran. Laporan Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan mutu pendidikan Indonesia masih belum baik. Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya kebijakan merdeka belajar yang didalamnya terdapat Program Sekolah Penggerak. Kota Malang memiliki sekolah penggerak salah satunya adalah SMPIT Insan Permata Kota Malang. Berdasarkan persoalan diatas, peneliti merumuskan 2 rumusan masalah: (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam Program Sekolah Penggerak di SMPIT Insan Permata Malang? (2) Bagaimana tantangan yang dihadapi kepala sekolah untuk menjalankan perannya dalam Program Sekolah Penggerak di SMPIT Insan Permata Malang Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kepala sekolah dalam melaksanakan peran kepemimpinannya sudah sangat baik. Kepala sekolah sebagai pemimpin telah mampu untuk bertanggung jawab pada seluruh proses pendidikan serta memengaruhi warga sekolah. Kepala sekolah sebagai manajer mampu merencanakan tindakan dan menjalin kerjasama dengan pihak lain. Kepala sekolah sebagai pendidik mampu menanamkan keteladanan serta mengarahkan warga sekolah. Kepala sekolah sebagai administrator mampu untuk menjalankan seluruh komponen administrasi. Kepala sekolah sebagai motivator senantiasa memberikan motivasi dan dorongan pada warga sekolah. Kepala sekolah sebagai inovator selalu menerapkan inovasi dalam mengembangkan sekolah. Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di SMPIT Insan Permata sudah berjalan dengan baik serta tidak terdapat hambatan yang signifikan baik yang berasal dari internal maupun yang eksternal sekolah. Kepala sekolah sebaiknya melakukan monitoring ketercapaian PSP secara teratur, melakukan pengawasan dan evaluasi, serta membuat kegiatan diskusi dengan guru untuk memperkaya inovasi dan metode pembelajaran

English Abstract

The educational process needs a leader, namely the school principal, who is crucial to successful learning. The report Programme for International Student Assessment (PISA) shows that the quality of Indonesian education is still not good. The government is making various efforts to improve the quality of education, one of which is the independent learning policy which includes the Driving School Program. Malang City has driving schools, including SMPIT Insan Permata Malang City. Based on the problems above, the researcher formulated 2 problem statements: (1) What is the leadership role of the school principal in the Program Sekolah Penggerak at SMPIT Insan Permata Malang? (2) What do school principals face the challenges in carrying out their role in the Program Sekolah Penggerak at SMPIT Insan Permata Malang? This type of research is descriptive with a qualitative approach. The data sources for this research consist of primary and secondary data. Observation, interviews and documentation carried out data collection. The principle in carrying out his leadership role is outstanding. The principal as a leader has been able to take responsibility for the entire educational process and influence the school community. The school principal as a manager can plan actions and collaborate with other parties. The school principal as an educator can set an example and direct the school community. The school principal as an administrator can carry out all administrative components. The school principal as a motivator always provides motivation and encouragement to the school community. School principals as inovators always apply innovation in developing schools. The implementation of the Driving School Program at SMPIT Insan Permata has gone well and there are no significant obstacles either from internal or external sources from the school. School principals should monitor the achievement of PSP regularly, carry out supervision and evaluation, and carry out discussion activities with teachers to enrich innovation and learning methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030105
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kepala sekolah, program sekolah penggerak
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 May 2024 07:24
Last Modified: 30 May 2024 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219264
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ROSYIDA ARIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item