Pengaruh Digital Content Marketing Dan Destination Branding Melalui Mediasi Elektronik Mulut Terhadap Visit Intention Pada Café Sawah, Pujon Kidul Desa Wisata Kabupaten Malang.

Sa'adah, Siti Lailatus and Silvana Maulidiah, SP.MP (2024) Pengaruh Digital Content Marketing Dan Destination Branding Melalui Mediasi Elektronik Mulut Terhadap Visit Intention Pada Café Sawah, Pujon Kidul Desa Wisata Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cafe Sawah merupakan destinasi ikonik di Desa Pujon Kidul Wisata dengan konsep yang memiliki kebaruan dan memadukan unsur pedesaan tradisional dengan kombinasi ruang modern. Berdasarkan data BUMDES (2023) terdapat fluktuasi jumlah pengunjung pada tahun 2023. Oleh karena itu dibutuhkan suatu startegi pemasaran agar mampu meningkatkan jumlah kunjungan. Selain itu kurang aktifnya pengelolaan akun media sosial menjadikan suatu permasalahan dalam strategi pemasaran digital. Oleh karena itu, Digital content marketing dan destination branding mampu menjadi strategi pemasaran kemudian EWOM dapat berperan sebagai mediasi dalam pengukuran visit intention. Batasan masalah pada peneiltian yakni digital content marketing digunakan Cafe Sawahberupa pengunggahan konten mengenai Cafe Sawahpada akun media sosial seperti web, Instagram, dan tiktok. Namun digital content marketing yang digunakan tidak hanya dari akun Café sawah, melainkan dari akunakun content creator lainnya. Kemudian EWOM yang digunakan yakni melalui media sosial (facebook, instagram, tiktok, google review, dan juga website) berupa pendapat, komentar, dan ulasan terhadap Cafe Sawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh digital content marketing dan destinasi branding terhadap visit intention di Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang melalui E-WOM sebagai mediasi. Hipotesis pada penelitian meliputi (1) Digital content marketing dan destination branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap visit intention, (2) Digital content marketing dan destination branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap visit intention melalui mediasi EWOM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian di Cafe Sawahdan waktu penelitian pada bulan September sampai dengan Desember. Penentuan sampel menggunakan teknik non-probabilitas dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital content marketing berpengaruh terhadap visit intention pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang dengan keseluruhan indikator yaitu relevansi, akurasi, bernilai, mudah dipahami, mudah ditemukan, dan konsisten. Sedangkan destination branding tidak berpengaruh terhadap visit intention pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang dengan indikator image, recognition, differentiation. brand messages, dan emotional responces. Digital content marketing tidak berpengaruh terhadap visit intention melalui mediasi EWOM pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Sedangkan destination branding berpengaruh terhadap visit intention melalui mediasi EWOM pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Kemudian pada pengujian mediasi, EWOM sebagai mediasi antara digital content marketing terhadap visit intention pada Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kabupaten Malang tidak dapat memediasi antara variabel digital content marketing dan visit intention dikarenakan pengujian hubungan antara digital content marketing terhadap visit intention berubah menjadi tidak signifikan ketika variabel mediasi EWOM ditambahkan. Sedangkan pengujian mediasi EWOM pada hubungan destination branding terhadap visit intention dapat memediasi secara lengkap dikarenakan pengujian hubungan antara digital content marketing terhadap visit intention berubah menjadi signifikan ketika EWOM sebagai mediasi. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan sebelumnya, maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut (1) Pihak Café Sawah perlu untuk mencantumkan hashtag (#) pada setiap postingan konten pada akun media sosial milik Café Sawah, (2) Pihak Café Sawah perlu untuk menjadikan Community Based Tourism sebagai differentiation dibandingkan café lainnya, (3) Pihak Café Sawah lebih aktif lagi dalam melakukan komunikasi melalui interaksi pada sosial media, (4) Pihak Café Sawah lebih aktif dalam membagikan postingan dan informasi seputar kegiatan, atraksi, fasilitas, dan event dengan memposting foto setiap seminggu sekali, memposting video dua minggu sekali dan membuat instastory saat diperlukan, (5) Pihak Café Sawah dapat menggandeng content creator untuk mempromosikan Café Sawah melalui akun sosial media mereka agar memiliki jangkauan masyarakat luas, (6) Pihak Café Swah perlu menambah admin pengelola akun sosial media untuk mengatur tata kelola sosial media lebih baik lagi, (7) Bagi peneliti selanjutnya perlu untuk meneliti variabel lainnya dari pemasaran online seperti influencer marketing, email marketing, dan lain sebagainya yang mampu meningkatkan niat berkunjung khususnya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040273
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 May 2024 07:34
Last Modified: 27 May 2024 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219246
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Lailatus Sa'adah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item