“Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Lifestyle terhadap Brand Loyalty “Bird Tea Gallery” Berdasarkan Persepsi Generasi Z di Kota Malang”

Kusumoandira, Shabilla Dinda and Prof.Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS. (2024) “Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, dan Lifestyle terhadap Brand Loyalty “Bird Tea Gallery” Berdasarkan Persepsi Generasi Z di Kota Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, khususnya Kota Malang, telah berdiri 144 cafe pada tahun 2019 dan jumlahnya terus meningkat hingga kini. Kemajuan industri cafe membawa perubahan perilaku pada generasi Z dengan memperkenalkan tren “nongkrong” dan menjadikan kopi sebagai gaya hidup baru generasi Z. Tingginya pertumbuhan cafe di Kota Malang menyebabkan munculnya berbagai jenis cafe baik dengan konsep coffee shop yang menitikberatkan komoditas kopi dan tea house dengan komoditas teh. Di Kota Malang, terdapat tea house bernama Bird Tea Gallery yang dibangun pada tahun 2020. Bird Tea Gallery menjadi satu-satunya tea house dengan konsep “gallery” yang memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih diantara 65 jenis daun teh berkualitas premium sesuai dengan selera. Namun, mulai menjamurnya coffee shop dan timbulnya tea house lain membuat keberadaan Bird Tea Gallery terancam. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk meninjau lebih jauh apakah di tengah tren kopi dan coffee shop di Kota Malang, kalangan generasi Z bisa mempercayai dan memiliki hubungan yang erat dengan brand tea house dengan cara menganalisis brand loyalty yang menjadi faktor penting untuk menunjukkan komitmen konsumen terhadap suatu merek. Disamping itu, penelitian ini juga mengkaji terkait brand awareness, perceived quality, dan lifestyle sebagai faktor yang mempengaruhi brand loyalty dan variabel mana yang paling berpengaruh. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode sequential mixed-method dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi data. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan metode pengumpulan angket menggunakan kuesioner melalui aplikasi google form, wawancara bersama hasil responden kuesioner, observasi dan dokumentasi melalui sumber data sekunder. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji kualitas data dan analisis SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS. Sampel yang menjadi fokus penelitian adalah sebanyak 70 responden yang merupakan kalangan generasi Z yang berusia 13 – 28 tahun, dan sudah pernah berkunjung atau membeli produk Bird Tea Gallery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yang digunakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel brand loyalty. Variabel ini adalah variabel brand awareness dengan p-value 0.007, variabel lifestyle dengan p-value 0.005, dan variabel perceived quality dengan nilai p-value yakni sebesar 0.016. Hal ini mengindikasikan bahwa dari 19 indikator yang digunakan dalam penelitian, mampu memberikan pengaruh kepada generasi Z dalam menetapkan tingkat loyalitas mereka terhadap merek. Ditemukan bahwa dalam penelitian ini, generasi Z lebih menitikberatkan pada pengaruh mengunjungi cafe terhadap status sosial mereka dan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh cafe tersebut. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak hanya kopi, melainkan budaya cafe secara keseluruhan mampu menjadi gaya hidup generasi Z. Sehingga, Bird Tea Gallery sebagai tea house akan mampu bersaing dengan coffee shop lain yang ada di Kota Malang dengan mementingkan faktor gaya hidup konsumen terlepas dari kesadaran mereka akan merek dan juga persepsi kualitas yang diberikan.

English Abstract

In Indonesia, especially Malang City, 144 cafes were established by 2019 and the number continues to increase until now. The progress of the cafe industry has brought changes in generation Z behavior by introducing the "hanging out" trend and making coffee a new lifestyle for generation Z. The high growth of cafes in Malang City has led to the emergence of various types of cafes, both with the coffee shop concept which focuses on coffee commodities and tea houses with tea commodities. In Malang City, there is a tea house called Bird Tea Gallery which was established in 2020. Bird Tea Gallery is the only tea house with a "gallery" concept which gives consumers the freedom to choose among 65 types of premium quality tea leaves according to their interest. However, the rapid growth of coffee shops and the emergence of other tea houses threatened the existence of Bird Tea Gallery. Thus, this research is conducted to analyze further whether amidst the trend of coffee and coffee shops in Malang City, generation Z can trust and have a close relationship with tea house brands by analyzing brand loyalty which is an important factor in showing consumer commitment to a brand. Apart from that, this research also examines brand awareness, perceived quality, and lifestyle as factors that influence brand loyalty and which variables have the most influence. This research is conducted using sequential mixed-method with triangulation data collection. The data collection stage was carried out using a questionnaire through the Google Form application, in-depth interviews with the questionnaire respondents, observation and documentation through secondary data sources. Data analysis was done by conducting data quality tests and SEM-PLS analysis using the SmartPLS application. The sample that became the main focus of the research was 70 respondents who were generation Z aged 13 – 28 years, and had visited or purchased Bird Tea Gallery products. The research results show that the three variables used have a significant influence on the brand loyalty variable. This variable is the brand awareness variable with a p-value of 0.007, the lifestyle variable with a p-value of 0.005, and the perceived quality variable with a p-value of 0.016. This indicates that the 19 indicators used in the research were able to influence generation Z in determining their level of loyalty to the brand. It was found that in this research, generation Z placed more emphasis on the influence of visiting cafes on their social status and the services provided by the cafe itself. Whether the cafe can make them comfortable enough to revisit. Apart from that, the research results also show that not only coffee, but cafe culture in general can become a lifestyle for generation Z. Therefore, Bird Tea Gallery as a tea house will be able to compete with other coffee shops in Malang City by prioritizing consumer lifestyle factors, regardless of their awareness of the brand or the perception of the quality provided.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040267
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 May 2024 06:50
Last Modified: 27 May 2024 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219238
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shabilla Dinda Kusumoandira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item