Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Dan Dampaknya Terhadap Revisit Intention (Survey Terhadap Wisatawan Pengunjung Jatim Park 2)

Pambudi, Daniel Erlangga Putra and Yusri Abdillah, S.Sos., M.Si., Ph. D. (2024) Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Dan Dampaknya Terhadap Revisit Intention (Survey Terhadap Wisatawan Pengunjung Jatim Park 2). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jatim Park 2 merupakan destinasi wisata yang terdapat di Kota Wisata Batu. Jatim Park 2 terkenal dengan penerapan atribut produk wisata bertemakan satwa maka perlu diketahui mengenai kepuasan wisatawan terhadap penerapan atribut produk wisata yang diterapkan dan dampaknya terhadap minat kunjung kembali wisatawan (revisit intention). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) menganalisis pengaruh atribut produk wisata terhadap kepuasan wisatawan di Jatim Park 2, (2) menganalisis pengaruh atribut produk wisata terhadap revisit intention di destinasi wisata Jatim Park 2, (3) menganalisis pengaruh kepuasan terhadap revisit intention wisatawan ke Jatim Park 2 (4) menganalisis pengaruh antara variabel atribut produk wisata melalui kepuasan terhadap revisit intention. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan jumlah responden sejumlah 150 responden. Proses pengambilan data menggunakan penyebaran kuesioner secara offline melalui media google from. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa atribut produk wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan Jatim Park 2 dan berdampak terhadap minat berkunjung kembali wisatawan. Penerapan atribut produk wisata yang tepat akan menjadi stimulus wisatawan terhadap kepuasan atau emosional kognitif serta memiliki peran sebagai respons wisatawan berikutnya yaitu revisit intention.

English Abstract

Jatim Park 2 is a tourist destination located in Batu Tourism City. Jatim Park 2 is famous for the application of animal-themed tourism product attributes, so it is necessary to know about tourist satisfaction with the application of tourism product attributes applied and their impact on tourist revisit interest (revisit intention). This study was conducted to determine (1) Analyzing the effect of tourism product attributes on tourist satisfaction in Jatim Park 2, (2) Analyzing the influence of tourism product attributes on revisit intention in Jatim Park 2 tourist destinations, (3) Analyzing the effect of satisfaction on tourist revisit intention to Jatim Park 2 (4) Analyzing the influence between tourism product attribute variables through satisfaction with revisit intention. The research method used was explanatory research with a total of 150 respondents. The data collection process uses offline questionnaire distribution through google from media. Based on the results of the study, it shows that the attributes of tourism products have a significant influence on tourist satisfaction of Jatim Park 2 and have an impact on the interest in visiting tourists again. The application of the right travel product attributes will be a stimulus for tourists to satisfaction or cognitive emotional and has a role as the next tourist response, namely revisit intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030079
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk Wisata, Kepuasan, Revisit Intention, Jatim Park 2
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 May 2024 06:24
Last Modified: 20 May 2024 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219064
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daniel Erlangga Putra Pambudi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item