Pengaruh Brand Experience dan Brand Commitment terhadap Customer Advocacy pada Restoran McDonald’s Kota Malang.

Napitupulu, Natalia Rachel Putri Adriani and Dr. Ir. Agustina Shinta HW, MP. (2024) Pengaruh Brand Experience dan Brand Commitment terhadap Customer Advocacy pada Restoran McDonald’s Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi membawa perubahan dalam gaya hidup masyarakat, yang ditunjukkan kegemaran akan hal yang serba instan. Perubahan ini memunculkan konsep penghidangan makanan praktis berupa makanan cepat saji. Tingginya minat masyarakat akan makanan cepat saji menyebabkan menjamurnya restoran ini di berbagai daerah. Tidak terkecuali di Kota Malang yang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Dikutip dari BPS Kota Malang (2022), sekitar 30-40% proporsi masyarakat di Kota Malang terdiri dari mahasiswa, di mana hal tersebut menjadi potensi tersendiri untuk mengembangkan bisnis makanan cepat saji di kota ini. Sebagai akibatnya, banyak restoran cepat saji yang bermunculan dan menyebabkan persaingan yang ketat. Salah satu restoran cepat saji yang beroperasi di Kota Malang adalah McDonald’s. McDonald’s termasuk ke dalam jajaran restoran cepat saji yang populer dan terkenal akan menunya yang sangat bervariasi dengan fasilitas yang mumpuni. Meskipun demikian, McDonald’s belum mampu memimpin pasar pada kategori restoran cepat saji dan menduduki peringkat kedua di Indonesia setelah KFC (Databoks, 2022). Menanggapi hal tersebut, McDonald’s memerlukan strategi khusus dengan memanfaatkan customer advocacy, yang mendorong konsumen untuk menyebarkan rekomendasi positif mengenai McDonald’s. Dengan strategi ini, konsumen menjadi “advokat” sebuah merek. Dalam mewujudkan hal tersebut, perusahaan harus mampu menciptakan pengalaman yang menyenangkan kepada konsumen, sehingga mereka mau memiliki komitmen jangka panjang terhadap perusahaan dan sebagai akhirnya secara sukarela memberikan rekomendasi positif mengenai McDonald’s. Dengan kata lain, customer advocacy dapat diwujudkan melalui brand experience dan brand commitment. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience dan brand commitment terhadap customer advocacy restoran McDonald’s Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis SEM-PLS menggunakan software WarpPLS 7.0. Sampel yang digunakan adalah konsumen restoran McDonald’s yang ditentukan melalui metode non-probability sampling yakni purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa variabel brand experience berpengaruh secara signifikan terhadap variabel brand commitment dan customer advocacy. Semakin baik pengalaman konsumen akan berdampak pada komitmen dan advokasi konsumen yang semakin baik juga. Selain itu, ditemukan adanya pengaruh signifikan yang diberikan oleh brand commitment kepada variabel customer advocacy, di mana kepercayaan akan kualitas produk McDonald’s yang baik, konsumen tidak ragu untuk menjadikan McDonald’s sebagai restoran terfavorit, sekaligus secara sukarela membagikan rekomendasi positif saat mengonsumsi produk di restoran ini kepada keluarga, teman, atau kerabat mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040244
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 May 2024 07:03
Last Modified: 17 May 2024 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219003
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natalia Rachel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item