Pertumbuhan Dan Hasil Panen Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) Tumpangsari Dengan Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Dengan Waktu Penanaman Kacang Panjang Yang Berbeda-Beda.

Putra, Moh Alvan Cahya and Dr. Uma Khumairoh, S.P., M. Sc. (2024) Pertumbuhan Dan Hasil Panen Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) Tumpangsari Dengan Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Dengan Waktu Penanaman Kacang Panjang Yang Berbeda-Beda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura dari famili solanaceae yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Peningkatan produktivitas lahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan semaksimal mungkin dengan menerapkan sistem tumpangsari. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari tumpangsari cabai rawit dengan kacang panjang sebagai tanaman pendamping pada berbagai waktu tanam serta untuk menekan pertumbuhan gulma Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Sukoraharjo berada pada koordinat 7°5'53"S111°3'18"E. di lahan yang telah disediakan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) secara cepat serta terdiri dari 6 perlakuan yang berbeda beda Pengamatan yang dilakukan selama penelitian terdiri dari 2 yaitu, pengamatan pertumbuhan dan pengamatan panen, pengamatan dilakukan secara destruktif dan non-destruktif. Data hasil pengamatan dari parameter tinggi tanaman cabai rawit, jumlah daun cabai rawit, luas daun cabai rawit, berat kering brangkasan cabai rawit, kandugan N-total brangkasan cabai rawit, berat kering brangkasan kacang panjang, kandungan N-total brangkasan kacang panjang, berat panen buah cabai rawit, jumlah buah dan Nisbah Kesetaraan Lahan (NKL) dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan monokultur cabai rawit lebih baik daripadan perlakuan lainnya pada parameter pertumbuhan tanaman. Dari hasil panen cabai rawit perlakuan cabai rawit yang di tanam secara bersamaan dengan kacang panjang lebih baik dari perlakuan lainnya secara rerata panen. Serta di lihat dari potensi ekonomi tanaman cabai rawit yang di tanam secara bersamaan menghasilkan Nisbah Kesetaraan Lahan (NKL) paling tinggi dibandingkan perlakuan lainnya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040236
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 May 2024 08:01
Last Modified: 16 May 2024 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218985
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Moh Alvan Cahya Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item