Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, dan Place) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Stick Susu Mut Milk.

Sari, Aliefia Faustina and Prof. Dr. Ir Budi Setiawan, M.S. and Dina Novia Priminingtyas, S.P., M.Si. (2024) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, dan Place) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Stick Susu Mut Milk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan ujung dari kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu pelaku usaha atau perusahaan yang ingin memperbesar volume penjualan, memiliki pangsa pasar yang terus meningkat, dan memuaskan sekaligus menciptakan konsumen yang loyal. Dalam memasarkan suatu produk, minat beli merupakan salah satu faktor dan peranan terpenting dalam keputusan pembelian suatu produk. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli adalah produk, harga, promosi, dan tempat/lokasi. Keputusan pembelian merupakan suatu proses penyelesaian masalah yang didalamnya terdiri dari menganalisa produk, pencarian informasi, pengenalan keinginan dan kebutuhan, serta perilaku setelah pembelian suatu produk. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Mut Milk yang berlokasi di Jl. Sunan Geseng No. 42 Delik, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Mut Milk memproduksi berbagai macam produk olahan susu sapi, salah satunya adalah stick susu. Stick susu merupakan produk baru yang mulai diproduksi dua tahun yang lalu yaitu 2022 sehingga jumlah konsumen stick susu Mut Milk belum mencapai tingkat maksimal dalam penjualan dan hasil penjualannya belum memenuhi target. Selain itu, adanya pesaing juga menjadi penyebab belum maksimalnya hasil penjualan. Dengan demikian perlu adanya penelitian sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, data primer diambil dari hasil kuisioner yang ditujukan kepada pelanggan stick susu Mut Milk, peneliti juga melakukan wawancara langsung kepada pemilik usaha untuk mengetahui profil perusahaan. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari teori, jurnal, dan karya ilmiah terdahulu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan tempat/lokasi terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-statistics sebesar 3,891 dan p-values sebesar 0,000. Variabel harga secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-statistics sebesar 2,995 dan p-values sebesar 0,003. Variabel promosi secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-statistics sebesar 2,303 dan p-values sebesar 0,021. Variabel tempat/lokasi secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t-statistics sebesar 3,144 dan p-values sebesar 0,002.

English Abstract

Marketing is the end of business activities carried out by a business actor or company that wants to increase sales volume, have a continuously increasing market share, and satisfy while creating loyal consumers. In marketing a product, purchase interest is one of the most important factors and roles in the decision to purchase a product. Factors that can influence purchasing interest are product, price, promotion, and place. Purchasing decisions are a problem solving process which consists of analyzing products, searching for information, recognizing wants and needs, and behavior after purchasing a product. This research was conducted at Mut Milk UMKM located on Jl. Sunan Geseng No. 42 Delik, Grabag District, Magelang Regency. Mut Milk produces various kinds of processed cow's milk products, one of which is milk sticks. Milk sticks are a new product that began production two years ago, namely 2022, so the number of Mut Milk milk stick consumers has not yet reached the maximum level in sales and sales results have not yet met the target. Apart from that, the existence of competitors is also the cause of not maximizing sales results. Thus, research is needed as an effort to increase sales. This research uses primary and secondary data, primary data was taken from the results of a questionnaire addressed to Mut Milk milk stick customers, researchers also conducted direct interviews with business owners to find out the company profile. Meanwhile, secondary data in this research was obtained from theory, journals and previous scientific work. The sampling technique in this research was purposive sampling with a total of 100 respondents. The analysis tool used is Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) using the SmartPLS 4 application. The aim of this research is to determine the influence of product, price, promotion and place variables on purchasing decisions. Based on the results of data analysis in this research, it can be concluded that the product variable directly has a positive and significant influence on purchasing decisions, this is indicated by a t-statistic value of 3,891 and p-values of 0,000. The price variable directly has a positive and significant influence on purchasing decisions, this is indicated by a t-statistic value of 2,995 and p-values of 0,003. The promotion variable directly has a positive and significant influence on purchasing decisions, this is indicated by a t-statistic value of 2,303 and p-values of 0,021. The place variable directly has a positive and significant influence on purchasing decisions, this is indicated by a t-statistic value of 3,144 and p-values of 0,002.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0424040027
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 May 2024 06:36
Last Modified: 14 May 2024 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218864
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aliefia Faustin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item