Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai dengan Identifikasi Organisasi sebagai Variabel Mediasi dalam Pelayanan Perizinan SIPANDU MEDAN (Studi pada Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan)

Salsabila, Rana and Sujarwoto, Dr. , S.IP, M.Si, MPA and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M. (2024) Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai dengan Identifikasi Organisasi sebagai Variabel Mediasi dalam Pelayanan Perizinan SIPANDU MEDAN (Studi pada Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motivasi pelayanan publik merupakan hal penting yang dapat mendukung optimalnya kinerja yang dihasilkan suatu organisasi sektor publik. DPMPTSP Kota Medan menyelenggarakan pelayanan publik yang salah satunya berupa pelayanan perizinan SIPANDU MEDAN dengan mengimplementasikan nilai-nilai dari motivasi pelayanan publik untuk mendukung identifikasi organisasi yang baik dalam upaya mencapai kinerja pegawai yang optimal. Hal ini dilakukan agar pelayanan perizinan SIPANDU MEDAN dapat mencapai target organisasi serta mencapai efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan publik. Motivasi pelayanan publik para pegawai perlu ditingkatkan dalam pelayanan perizinan SIPANDU MEDAN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel motivasi pelayanan publik terhadap kinerja pegawai DPMPTSP Kota Medan dalam pelayanan perizinan SIPANDU MEDAN baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan identifikasi organisasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research atau menguji suatu kebenaran melalui pengujian hipotesis mengenai sebab akibat dari beberapa variabel yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 63 orang pegawai DPMPTSP Kota Medan. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 4 dengan analisis SEM (Structural Equation Model), evaluasi outer model, evaluasi inner model, dan analisis efek size mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap identifikasi organisasi, Identifikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan Motivasi pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan mediasi identifikasi organisasi.

English Abstract

Public service motivation is an important thing that can support optimal performance produced by a public sector organization. DPMPTSP Medan City provides public services, one of which is the SIPANDU MEDAN licensing service by implementing the values of public service motivation to support the identification of good organizations in an effort to achieve optimal employee performance. This is done so that SIPANDU MEDAN licensing services can achieve organizational targets and achieve effectiveness and efficiency in public services. Public service motivation of employees needs to be increased in SIPANDU MEDAN licensing services. The purpose of this research is to determine and explain the influence of public service motivation variables on the performance of Medan City DPMPTSP employees in SIPANDU MEDAN licensing services, both directly and indirectly, using organizational identification as a mediating variable. This research uses a quantitative approach with an explanatory research method or testing the truth through testing hypotheses regarding the causes and effects of several variables studied. The technique used in sampling was purposive sampling with a total of 63 respondents from the Medan City DPMPTSP. This research uses SmartPLS 4 software with SEM (Structural Equation Model) analysis, outer model evaluation, inner model evaluation, and mediation effect size analysis. The results of the research show that public service motivation has a positive and significant effect on employee performance, public service motivation has a positive and significant effect on organizational identification, organizational identification has a positive and significant effect on employee performance, and public service motivation has a positive and significant effect on employee performance with the mediation of identification organization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030060
Uncontrolled Keywords: Motivasi Pelayanan Publik, Identifikasi Organisasi, Kinerja Pegawai, Pelayanan Perizinan-Public Service Motivation, Organizational Identification, Employee Performance, Licensing Services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2024 04:08
Last Modified: 14 May 2024 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218730
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rana Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item