Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Basis Data di SMK Negeri 8 Malang

Andityarini, Yusrina Pradipta and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Nurul Hidayat, S.Pd., M.Sc. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Basis Data di SMK Negeri 8 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam tinjauan pembelajaran berbasis proyek di pendidikan tinggi yang dilakukan oleh Guo et al.,(2020) menyebutkan bahwa masih diperlukan studi lebih lanjut untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan penampilan seni siswa. Dari saran tersebut dapat diimplementasikan untuk memperbaiki kondisi pada saat melakukan PLP II, dari pengamatan yang dilakukan didapatkan hasil belajar siswa mengalami penurunan, yang disebabkan siswa masih terbawa kondisi pada saat pembelajaran secara daring. Serta pendidik mempunyai kewajiban untuk menggunakan LMS sebagai media dalam menunjang pembelajaran. Seperti yang dinyatakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek Flipped Classroom dapat menjadi solusi untuk masalah pembelajaran pasca pandemi. Berdasarkan kesenjangan yang terjadi maka peneliti bertujuan untuk membuktikan apakah Project Based Learning yang diselenggarakan dengan Flipped Classroom memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa. Riset ini dilaksanakan dengan menerapkan desain Weak Experimental Static Group Pretest-Posttest untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas siswa SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), yakni kelas XI RPL C sebagai kelas eksperimen yang mengimplementasikan model pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning, dan kelas XI RPL A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan melibatkan soal pilihan ganda untuk menilai aspek kognitif dan penjumlahan dari beberapa aspek untuk menilai aspek psikomotor. Analisis data dalam riset ini dilaksanakan menggunakan uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Dari kedua uji hipotesis yang digunakan pada aspek kognitif dan psikomotor menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar 0,00 yang menunjukkan penerimaan H1, kecuali hasil uji Mann Whitney pada ranah kognitif dengan nilai Asymp. Sig Pretest sebesar 0,557 yang menunjukkan penerimaan H0. Dari hasil Uji Effect Size didapat hasil untuk ranah kognitif sebesar 0,54, sedangkan untuk ranah psikomotorik sebesar 0,84. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mencakup ranah kognitif dan psikomotorik.

English Abstract

In a review of project-based learning in higher education conducted by Guo et al., (2020) stated that further studies are still needed to evaluate student learning processes and students' artistic performances. This was reinforced by observations in learning during the implementation of PLP II, from the observations made it was found that student learning outcomes had decreased, which was because students were still carried away by conditions during online learning. And educators have an obligation to use LMS as a medium to support learning. As stated by the Pusdatin Kemendikbudristek Flipped Classroom can be a solution to post-pandemic learning problems. Based on the gaps that occur, the researcher aims to prove whether Project Based Learning held in the Flipped Classroom has an impact on student learning outcomes. This research was carried out by applying a Weak Experimental Static Group Pretest-Posttest design to evaluate student learning outcomes. The research subjects consisted of two classes of SMK students majoring in Software Engineering (RPL), namely class XI RPL C as an experimental class which implemented the Flipped Classroom learning model with Project Based Learning, and class . The research instrument used involved multiple choice questions to assess cognitive aspects and the sum of several aspects to assess psychomotor aspects. Data analysis in this research was carried out using the Wilcoxon test and Mann Whitney test. From the two hypothesis tests used on cognitive and psychomotor aspects, it shows the Asymp value. Sig is 0.00 which indicates acceptance of H1, except for the results of the Mann Whitney test in the cognitive domain with the Asymp value. Sig Pretest is 0.557 which indicates acceptance of H0. From the results of the Effect Size Test, the results obtained for the cognitive domain were 0.54, while for the psychomotor domain it was 0.84. Therefore, it can be concluded from this research that the application of the Flipped Classroom learning model with Project Based Learning has an effect on student learning outcomes covering the cognitive and psychomotor domains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150274
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, project based learning, hasil belajar siswa.flipped classroom, project based learning, student learning outcomes.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2024 01:57
Last Modified: 08 May 2024 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218623
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusrina Pradipta Andityarini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item