“Pengaruh Penambahan Madu Klanceng Sebagai Pemanis Alami Gelato Ditinjau dari Viskositas, Overrun, Resistensi Pelelehan dan Organoleptik”.

Nadhifatullaili, Nita and Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, MS., IPU., ASEAN Eng, (2024) “Pengaruh Penambahan Madu Klanceng Sebagai Pemanis Alami Gelato Ditinjau dari Viskositas, Overrun, Resistensi Pelelehan dan Organoleptik”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelato merupakan es krim dimana bahan utama pembuatan gelato adalah susu dan bahan lainnya seperti lemak, gula, telur dan perasa makanan yang adonannya lebih kental dari es krim. Pembuatan gelato memerlukan bahan pemanis untuk memberikan cita rasa manis pada produk. Salah satu bahan pemanis yang sering digunakan adalah gula pasir. Penggunaan gula pasir atau gula buatan terlalu banyak dalam makanan dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh. Bahan pemanis lain yang dapat menggantikan gula pasir adalah madu. Madu merupakan salah satu karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah dan baik dalam mengontrol kadar glukosa darah karena didalam kandungan madu terdiri atas fruktosa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan madu klanceng sebagai pemanis gelato ditinjau dari viskositas, overrun, resistensi pelelehan dan organoleptik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan sebagai informasi bagi masyarakat dalam menghasilkan gelato yang baik.

English Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of adding klanceng honey as a natural sweetener of gelato in terms of viscosity, overrun, melting resistance and organoleptic. The research method used was experimental using a completely randomized design (CRD) with 4 treatments and 6 replicates. The level of klanceng honey addition was 0%; 5%; 7.5%; 10%. Data were analyzed by Analysis of Variance (ANOVA), if there is a real effect then it will be tested using Duncan's test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050266
Uncontrolled Keywords: milk, gelato, klanceng honey, physical quality, sugar
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 May 2024 06:55
Last Modified: 02 May 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218487
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nita Nadhifatullaili.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item