“Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Edukasi Milkindo Green Farm Di Kepanjen Kabupaten Malang”.

Setyaningsih, Chika Wahyu and Anie Eka Kusumastuti, S.Pt., MP., M.Sc., (2024) “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Wisata Edukasi Milkindo Green Farm Di Kepanjen Kabupaten Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dengan banyak potensi alam yang dimiliki salah satunya adalah sektor pariwisata. Seiring perkembangan zaman, perkembangan pariwisata telah menyesuaikan dengan trend contohnya adalah wisata edukasi. Wisata edukasi merupakan aktivitas pariwisata yang dilakukan wisatawan dengan tujuan utama untuk memperoleh pendidikan dan pembelajaran serta pemahaman mengenai suatu topik. Salah satu wisata edukasi yang berada di Kabupaten Malang adalah Milkindo Green Farm di Kepanjen. Pada wisata edukasi Milkindo Green Farm pengunjung akan melakukan kegiatan wisata yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Penelitian ini dilakukan di wisata edukasi Milkindo Green Farm yang beralamat di Jalan Kolonel Kusno No. 77, Desa Tegalsari, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada bulan Desember 2023. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan kuesioner terstruktur menggunakan skala likert 1-5 yang ditujukan kepada 100 orang responden dalam hal ini adalah pengunjung wisata edukasi Milkindo Green Farm untuk kemudian dilakukan analisis regresi berganda. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu penentuan sampel secara sengaja yakni kepada pengunjung yang berusia minimal 19 tahun. Adapun tujan penelitian ini untuk: 1) Mengidentifikasi profil atau karakteristik pengunjung wisata edukasi Milkindo Green Farm di Kepanjen Kabupaten Malang dan 2) Menganalisis pengaruh fasilitas serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada wisata edukasi Milkindo Green Farm di Kepanjen Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata edukasi Milkindo Green Farm di Kepanjen Kabupaten Malang memiliki fasilitas, antara lain: foodcourt, toilet, musholla, tempat parkir, gazebo atau kursi umum, petunjuk arah, taman bermain anak, dan taman satwa. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden wisata edukasi Milkindo Green Farm paling banyak berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 75 orang dengan persentase 75%, pada daerah asal paling banyak responden berasal dari Malang dengan persentase 70%, pada usia terbanyak yakni di usia 19-30 tahun sebanyak 54 orang dengan persentase 54%, profesi terbanyak responden adalah ibu rumah tanggasebanyak 25 orang dengan 25%, pada tingkat pendidikan responden paling banyak ada pada tingkat menengah atas sebanyak 46 orang dengan persentase 46%, dan pada tingkat pendapatan perbulan didominasi oleh responden yang memiliki penghasilan rata-rata perbulan >Rp4.000.000 sebanyak 30 orang dengan persentase 30%. Pada deskripsi jawaban responden terhadap variabel fasilitas menunjukkan penilaian pada indikator kelengkapan fasilitas, kebersihan dan kerapian fasilitas, serta kemudahan menggunakan fasilitas menunjukkan bahwa pengunjung sangat setuju terhadap pernyataan bahwa fasilitas sudah baik dan sesuai dengan yang diharapkan pengunjung dengan rataan skor 4,21. Pada deskripsi jawaban responden terhadap kualitas pelayanan menunjukkan penilaian pada indikator bukti langsung (tangible), kehandalan (reliability), daya tangkap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) menunjukkan bahwa pengunjung setuju bahwa kualitas pelayanan sudah baik dan sesuai dengan harapan pengunjung dengan rataan skor 4,13. Pada deskripsi jawaban responden terhadap variabel kepuasan menunjukkan penilaian terhadap indikator keinginan melakukan kunjungan ulang dan keinginan merekomendasikan kepada orang lain menunjukkan bahwa pengunjun setuju terhadap pernyataan dengan rataan skor sebesar 4,07. Hasil analisis data statistik didapatkan bahwa indikator-indikator pada penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Dari hasil uji regresi berganda didapatkan nilai adjusted R square sebesar 0,642 atau 64,2% kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh fasilitas (X1) dan kualitas pelayanan (X2), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur pada penelitian ini. Hasil dari uji F didapat nilai F hitung sebesar 89,649 lebih besar dari F tabel (3,09) dengan angka signifikansi <0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terbukti bahwa fasilitas (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Kesimpulan pada penelitian ini adalah wisata edukasi Milkindo Green Farm di Kepanjen Kabupaten Malang merupakan wisata edukasi sektor peternakan dan pertanian dengan karakteristik pengunjung didominasi perempuan, berasal dari Malang, dengan rentang usia 19-30 tahun, ibu rumah tangga, tingkat pendidikan SMA, dan rata-rata pendapatan perbulan >Rp4.000.000,- Tingkat kepuasan pengunjung wisata edukasi Milkindo Green Farm dipengaruhi oleh fasilitas dan kualitas pelayanan yang diberikan pada tempat wisata. Saran kepada pihak pengelola, diharapkan agar pihak Milkindo Green Farm di Kepanjen lebih meningkatkan fasilitas yang masih kurang dan mempertahankan yang sudah bagus. Selain itu, diharapkan pengelola dapat memberikan pelayanan secara profesional dan senantiasa selalu tanggap terhadap kebutuhan pengunjung.

English Abstract

The objective of this study was to identify the satisfaction of visitors regarding facilities and service quality on Milkindo Green Farm educational tourism in Kepanjen Malang Regency. The survey method was used in this research by using structured questionnaires as the data collecting method on December 5-31, 2023. The research samples used were 100 respondents determined by using a purposive sampling method with criteria for respondents are a minimum age of 19 years old. The statistical test and data processing were performed by using the SPSS 25.00 version. The analysis technique used in this research were multiple regression. The research results showed that (1) the visitors of Milkindo Green Farm educational tourism are dominated by women, from Malang, ranging in age from 19-30 years, housewives, high school level of education, and have an average monthly income >Rp4.000.000. (2) the facilities and service quality have a significant on visitor satisfaction, it can be seen from the value of adjusted R square 0,642. it can be concluded that facilities and service quality have significant effects on visitors' satisfaction in Milkindo Green Farm education tourism. It is recommended for Milkindo Green Farm educational tourism managers to improve facilities which are still lacking and provide more professional services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050192
Uncontrolled Keywords: Facilities, Service quality, Visitor satisfaction
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 May 2024 04:56
Last Modified: 07 May 2024 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218310
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chika Wahyu Setyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item