Peran Trust Dalam Memediasi Kesuksesan Sistem dan Perceived Security (Studi Pada Kepuasan Pengguna Aplikasi Bank Jago Dengan Mengadopsi D&M IS Success Model)

Sintong, Ishak Harel and Rizki Yudhi Dewantara, S.Sos, MAP. (2024) Peran Trust Dalam Memediasi Kesuksesan Sistem dan Perceived Security (Studi Pada Kepuasan Pengguna Aplikasi Bank Jago Dengan Mengadopsi D&M IS Success Model). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa transformasi digital, terutama pada sektor perbankan yang saat ini telah banyak beredar di sekitar masyarakat, yang banyak melakukan transisi dari perbankan konvensional menuju digital. Bank Jago merupakan salah satu perbankan digital yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu bank terbaik di Indonesia versi forbes. Di era yang serba digital, dimana kontak secara fisik dan representasi secara fisik tergantikan oleh aplikasi digital, kesuksesan sistem dan aspek keamanan merupakan kunci dalam mencapai kepuasan pengguna (user satisfaction) dan tentunya juga meraih kepercayaan (trust) pengguna, terutama untuk sektor perbankan digital yang berhubungan dengan pengambilan keputusan finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan peranan trust dalam memediasi kesuksesan sistem dengan mengadopsi DeLone & McLean information success model terhadap user satisfaction pada pengguna aplikasi Bank Jago. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Bank Jago dengan jumlah sampel sebesar 349 responden yang didapatkan menggunakan teknik non- probability sampling dengan jenis non-probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil pengujian yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa trust tidak memediasi hubungan antara system quality dan information quality terhadap user satisfaction. Disamping itu, ditemukan hubungan yang dimediasi trust antara service quality dengan user satisfaction secara parsial dan secara penuh untuk hubungan perceived security dengan user satisfaction. Selain itu, ditemukan juga hubungan secara langsung yang signifikan antara trust dengan user satisfaction.

English Abstract

The rapid development of technology has brought about digital transformation, especially in the banking sector, which is now widely circulating around the community, many of which are transitioning from conventional banking to digital. This study investigates the role of trust in mediating system success and perceived security towards user satisfaction among users of Bank Jago, one of leading digital bank in Indonesia. In the digital era, system success and security are key to achieving user satisfaction and trust, especially in financial decision-making. Using a quantitative approach and a sample of 349 respondents, the study adopts the DeLone & McLean information success model. Data was collected via questionnaires and analyzed using Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). The results show that trust does not mediate the relationship between system quality and information quality towards user satisfaction. However, trust partially mediates the relationship between service quality and user satisfaction, and fully mediates the relationship between perceived security and user satisfaction. A direct significant relationship was also found between trust and user satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030034
Uncontrolled Keywords: D&M IS Success Model, Perceived Security, Trust, User Satisfaction, Bank Digital, D&M IS Success Model, Perceived Security, Trust, User Satisfaction, Digital Bank
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 01:36
Last Modified: 17 Apr 2024 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218117
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ishak Harel Sintong.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item