Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang

Zanah, Yulia Husnathul and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang berkembang dengan begitu cepat menghantarkan perubahan signifikan termasuk pada ranah pendidikan. Penerapan pembelajaran pada era teknologi memfokuskan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan menjangkau kapabilitas daya berpikir siswa. Pembelajaran yang efektif dapat terwujud apabila aspek-aspek penting terpenuhi. Kreativitas guru dalam pengembangan media merupakan aspek penting yang harus terpenuhi untuk memotivasi siswa. Terdapat salah satu platform yang dapat memacu motivasi belajar siswa yaitu Quizizz. Kegiatan wawancara yang dilakukan pada kelas X TKJ AKA dan X TKJ WU memperoleh kesimpulan bahwa metode ceramah cenderung monoton sehingga menyebabkan siswa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ AKA yang digunakan sebagai kelas kontrol dan X TKJ WU yang digunakan sebagai kelas eksperimen. Kedua kelompok tersebut nantinya akan mendapatkan perlakuan (treatment) yang berbeda. Hasil yang didapatkan pada penelitian memperlihatkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada aspek kognitif dan psikomotorik. Sebaliknya, pada motivasi belajar sebagai ranah afektif memperlihatkan tidak terdapat perbedaan pada data post kuesioner uji Independent T-test. Dengan makna lain, media pembelajaran interaktif Quizizz berpotensi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan tidak berpotensi mempengaruhi motivasi belajar siswa.

English Abstract

The development of technology is getting faster every day, including in the realm of education. The application of learning in the technological era focuses on the use of information and communication technology with the aim of reaching students' thinking capabilities. Effective learning can be realized if important aspects are fulfilled. Teacher creativity in media development is an important aspect that must be fulfilled to motivate students. There is one platform that can spur student learning motivation, namely Quizizz. Interview activities conducted in classes X TKJ AKA and X TKJ WU obtained the conclusion that the lecture method tends to be monotonous, causing students to be bored in participating in learning activities. This study aims to analyze the effect of interactive learning media Quizizz on student motivation and learning outcomes. The samples in this study were X TKJ AKA students who were used as the control class and X TKJ WU who were used as the experimental class. The two groups will later get different treatments. The results obtained in the study showed that there were significant differences in learning outcomes in the cognitive and psychomotor aspects. In contrast, learning motivation as an affective domain shows no difference in the Independent T-test post questionnaire data. In other words, Quizizz interactive learning media has the potential to affect student learning outcomes and does not have the potential to affect student learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150267
Uncontrolled Keywords: Pemrograman Dasar, hasil belajar, motivasi belajar, Quizizz-Basic Programming, learning outcomes, learning motivation, Quizizz
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:47
Last Modified: 26 Apr 2024 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217873
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Yulia Husnathul Zanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item