Perancangan Prototype sistem informasi administrasi Sekolah Berbasis Web pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lamasi

Teoktista, Novi and Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds and Almira Syawli, S.Kom., M.Kom (2024) Perancangan Prototype sistem informasi administrasi Sekolah Berbasis Web pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lamasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini memiliki dampak yang lebih besar pada bidang pendidikan. Salah satu dampak teknologi pada bidang pendidikan adalah mempermudah proses administrasi di sekolah. Namun, saat ini administrasi di SMPN 1 Lamasi masih dilakukan secara manual. Tugas-tugas administrasi di lingkungan SMPN 1 Lamasi seperti absensi, pengurusan dokumen, dan penyebaran informasi belum sepenuhnya optimal. Hal tersebut mendorong adanya penelitian ini untuk dilakukan guna menemukan Solusi untuk mengoptimalkan proses administrasi di SMPN 1 Lamasi. Penelitian yang dilakukan sebelumnya terkait dengan pengembangan sistem administrasi di sekolah, telah dilakukan perancangan purwarupa menggunakan metode Human Centered Design (HCD), yang menghasilkan skor usability testing sebesar 85,53%. Metode HCD bertujuan untuk menciptakan sistem yang interaktif dan memberikan manfaat maksimal bagi pengguna dengan fokus pada permasalahan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan stakeholder berjumlah 8 orang yang didalamnya termasuk kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha. Setelah pengujian efektivitas, ditemukan bahwa antarmuka yang diimplementasikan pada sistem administrasi guru mampu meningkatkan produktivitas pengguna. Pada pengujian time-based efficiency staf tata usaha mencapai 0,484 goals/second, sedangkan pengguna guru mencapai 0,552 goals/second. Hasil kuesioner SUS menunjukkan bahwa pengguna merasa puas dengan antarmuka yang mudah digunakan, memperoleh skor kepuasan sebesar 83,12%. Solusi ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan efisiensi proses bisnis di sekolah.

English Abstract

The current development of information technology has a significant impact on the field of education. One of the effects of technology in education is facilitating the administrative processes in schools. However, the administration at SMPN 1 Lamasi is still carried out manually. Administrative tasks at SMPN 1 Lamasi, such as attendance tracking, document management, and information dissemination, are not fully optimized. This has prompted the need for research to find solutions to optimize the administrative processes at SMPN 1 Lamasi. Previous research related to the development of school administration systems involved the design of a prototype using the Human Centered Design (HCD) method, resulting in a usability testing score of 85.53%. The HCD method aims to create an interactive system that maximizes benefits for users, focusing on user issues. This research involved eight stakeholders, including the school principal, teachers, and administrative staff. After testing effectiveness, it was found that the interface implemented in the teacher administration system could enhance user productivity. In time-based efficiency testing, administrative staff achieved 0.484 goals/second, while teachers reached 0.552 goals/second. The System Usability Scale (SUS) questionnaire results indicated user satisfaction with an interface that is easy to use, obtaining a satisfaction score of 83.12%. This solution contributes positively to improving the efficiency of business processes in the school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150258
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Prototype, SMPN 1 Lamasi, Figma, sistem administrasi Guru-Business Process, Prototype, SMPN 1 Lamasi, Figma, Teacher Administration System
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:37
Last Modified: 26 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217845
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Novi Teoktista.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item