Pengaruh Penggunaan W3school Dengan Implementasi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pemrograman Web SMKN 1 Purwosari

Permatasari, Eka and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Ir. Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom. (2024) Pengaruh Penggunaan W3school Dengan Implementasi Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pemrograman Web SMKN 1 Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan yang masih menggunakan model dan metode pembelajaran konvensional salah satunya ialah SMKN 1 Purwosari. Media pembelajaran yang dibutuhkan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran yaitu media pembelajaran interaktif. W3school adalah platform online populer yang menyediakan tutorial dan referensi pengembangan web untuk berbagai teknologi web. Kurangnya pengajar di SMKN 1 Purwosari seperti guru atau kegiatan ekstra terkait materi pada jurusan RPL yang mengakibatkan siswa kurang pemahaman siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti melangsungkan penelitian perihal pengaruh Problem Based Learning menggunakan media W3school terhadap nilai hasil belajar siswa kelas 11 RPL mata pelajaran Pemrograman Web SMKN 1 Purwosari. W3school dipilih karena siswa dapat bergabung langsung dengan pembelajaran meski melalui ponsel. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Quasi Eksperimental mengimplementasikan Nonequivalent control group design. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh antara nilai hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dibuktikan dari nilai kognitif Pretest Mann-Whitney U 0,011 < 0,05. nilai kognitif Posttest Mann-Whitney U 0,005 < 0,05. Pembuktian lainnya juga dibuktikan dari selisih rata-rata sebesar 8,226. Oleh sebab itu, disimpulkan Problem Based Learning menggunakan media W3school memiliki pengaruh pada nilai kognitif hasil belajar siswa.

English Abstract

Vocational High Schools that still use conventional learning models and methods, one of which is SMKN 1 Purwosari.The learning media needed to develop the quality of learning is interactive learning media. W3school is a popular online platform that provides web development tutorials and references for various web technologies. The lack of instructors at SMKN 1 Purwosari such as teachers or extra activities related to material in the RPL department which results in students' lack of understanding in learning. Therefore, researchers conducted research on the effect of Problem Based Learning using W3school media on the value of learning outcomes of 11th grade RPL students in the Web Programming subject of SMKN 1 Purwosari. W3school was chosen because students can directly join the learning even through cell phones. The research was conducted with a Quasi-Experimental approach implementing Nonequivalent control group design. The results prove the difference between the learning outcomes of the experimental group and the control group, evidenced by the cognitive value of Pretest Mann-Whitney U 0.011 < 0.05. cognitive value of Posttest Mann-Whitney U 0.005 < 0.05. Other evidence is also evidenced from the average difference of 8.226. Therefore, it is concluded that Based Learning using W3school media affects the cognitive value of student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150245
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pemrograman web, problem based learning, w3school-learning outcomes, problem based learning, web programming ,w3school
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:42
Last Modified: 25 Apr 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217792
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Eka Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item