Pratondo, Alistya Fikri and Agi Putra Kharisma, S.T., M.T. and Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc. (2024) Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Layanan Ambulans Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang Menggunakan Human- Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ambulans merupakan kendaraan yang keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan. Namun, masih banyak dari "ca|on pasien" yang belum bisa mendapatkan akses ambulans secara maksimal baik dari puskesmas atau beberapa rumah sakit. Hal tersebut dirasakan langsung oleh salah satu narasumber yang saya wawancarai, ketika dia sedang menghadapi situasi emergency namun masih harus menunggu 20 menit untuk sekedar mengisi data diri. Peneliti mencoba untuk mencocokan terkait data yang didapatkan oleh narasumber sekaligus menanyakan kepada perawat yang bekerja di Puskesmas Sumberpucung Kabupaten Malang. Penyebab terjadinya keterlambatan yaitu adanya SOP yang harus dilalui yakni harus menghubungi rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan pasien secara manual melalui WhatsApp. Puskesmas juga butuh untuk mengetahui kondisi pasien secara detail agar penanganan yang diberikan tidak asal-asalan, dan pada proses pengisian data tentunya dapat mengakibatkan peluang keterlambatan penanganan. Permasalahan tersebut tentunya harus segera diselesaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna oleh karena itu metode Human Centered Design. Kelebihan metode Human Centered Design yaitu cocok untuk melakukan problem solving terkait masalah kemanusiaan dikarenakan penggalian informasi dengan sangat detail dengan menggunakan empati. Pada tahapan pengujian peneliti, menggunakan uji formatif menggunakan usability testing dan uji sumatif menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Single Ease Question (SEQ). Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu rancangan yang dapat menyelesaikan kebutuhan yang dapat membantu pelayanan ambulans
English Abstract
An ambulans is a vehicle whose existence is very important and much needed. However, there are still many "potential patients" who have not been able to get maximum access to an ambulans either from the health center or several hospitals. This was felt directly by one of the sources I interviewed, when he was facing an emergency situation but still had to wait 20 minutes. just to fill in your personal data. Researchers tried to match the data obtained by the sources and also asked nurses who worked at the Sumberpucung Community Health Center, Malang Regency. The cause of the delay is that there is an SOP that must be followed, namely having to contact the hospital that suits the patient’s needs manually, aka by WhatsApp. Community health centers also need to know the patient’s condition in detail so that the treatment given is not haphazard, and the process of filling in the data can of course result in opportunities for delays in treatment. Of course, these problems must be resolved immediately according to user needs, therefore the Human Centered Design method is used. The advantage of the Human Centered Design method is that it is suitable for problem solving related to humanitarian issues due to extracting information in very detail using empathy. At the testing stage, researchers used formative tests using usability testing and summative tests using the System Usability Scale (SUS) and Single Ease Question (SEQ). The results of this research are to produce a design that can solve needs that can help ambulans services
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150235 |
Uncontrolled Keywords: | Human Centered Design, Usabilty Testing, System Usability Scale, Single Ease Question-Human Centered Design, Usabilty Testing, System Usability Scale, Single Ease Question |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217769 |
Text (DALAM MAS EMBARGO)
Alistya Fikri Pratondo.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |