Manajemen Kurikulum Merdeka dan Dinamikanya Dalam Masa Transisi ( Studi di SD Negeri 1 Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang),

Azzahra, Vira Nathania Dika and Dr. Ainul Hayat, S.Pd., M.Si. and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2024) Manajemen Kurikulum Merdeka dan Dinamikanya Dalam Masa Transisi ( Studi di SD Negeri 1 Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya melalui perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum juga berdampak terhadap proses belajar mengajar dan sistem manajemen yang ada didalamnya. Manajemen kurikulum merdeka ini adalah salah satu dampak dari perubahan kurikulum di Indonesia yang menyebabkan terjadinya dinamika dengan kurikulum sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kurikulum merdeka dan dinamikanya dalam masa transisi di Sekolah Dasar Negeri 1 Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Mulyoagung ini dalam tahap persiapan sudah baik, namun dalam tahap pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Mulyoagung perlu banyak melakukan penyesuaian terutama dalam mata pelajaran yang menyangkut karakteristik kurikulum merdeka yaitu P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan masih terdapat kendala-kendala dalam proses manajemennya. (2) Dinamika kurikulum merdeka dalam masa transisi di SD Negeri 1 Mulyoagung dinilai mempunyai perbandingan output yang baik dari segi pembelajaran siswa di SD Negeri 1 Mulyoagung. Isi/ Materi ini disimpulkan bahwa di SD Negeri 1 Mulyoagung sudah baik dalam menggunakan RPP untuk kurikulum 2013 dan modul ajar untuk kurikulum merdeka. Sarana dan prasarana SD Negeri 1 Mulyoagung sudah lengkap, Strategi pembelajaran kondisi lapangan Guru di SD Negeri 1 Mulyoagung ini pada kurikulum merdeka masih menggunakan metode ceramah dan masih terbawa dengan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Negeri 1 Mulyoagung berada pada tahap penyesuaian dalam masa transisi kurikulum merdeka belajar.

English Abstract

One way to improve the quality of education in Indonesia is through curriculum changes. Curriculum changes also have an impact on the teaching and learning process and the management system within it. This independent curriculum management is one of the impacts of curriculum changes in Indonesia which causes dynamics with the previous curriculum. The aim of this research is to describe and analyze independent curriculum management and its dynamics during the transition period at Mulyoagung 1 State Elementary School, Dau District, Malang Regency. This research uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis techniques are carried out by condensing data, presenting data, drawing conclusions and verifying data. The results of this research show that (1) The management of the independent curriculum at SD Negeri 1 Mulyoagung is in the preparation stage is good, but in the implementation stage of the independent curriculum at SD Negeri 1 Mulyoagung many adjustments need to be made, especially in subjects involving the characteristics of the independent curriculum, namely P5 ( Pancasila Student Profile Strengthening Project) and there are still obstacles in the management process. (2) The dynamics of the independent curriculum during the transition period at SD Negeri 1 Mulyoagung are considered to have a good output comparison in terms of student learning at SD Negeri 1 Mulyoagung. This content/material concludes that SD Negeri 1 Mulyoagung is good at using lesson plans for the 2013 curriculum and teaching modules for the independent curriculum. The facilities and infrastructure of SD Negeri 1 Mulyoagung are complete. The learning strategy for field conditions. Teachers at SD Negeri 1 Mulyoagung in the independent curriculum still use the lecture method and are still carried over to the 2013 curriculum. Based on the research results, it can be concluded that SD Negeri 1 Mulyoagung is at the adjustment stage in transition period to the independent learning curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030102
Uncontrolled Keywords: Manajemen, kurikulum merdeka, transisi
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:04
Last Modified: 27 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217666
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vira Nathania Dika Azzahra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item