Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen dan Revisit Intention (Survei pada Konsumen Dapur Pelangi Ambhara Hotel).

Rahmanda, Viona and Yusri Abdillah, S.Sos, M.si, Ph.D. (2024) Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen dan Revisit Intention (Survei pada Konsumen Dapur Pelangi Ambhara Hotel). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumen memiliki preferensi yang beragam dalam memilih sebuah restoran, namun hal tersebut dapat dimaksimalkan oleh pelaku usaha dengan merancang strategi yang tepat. Aspek-aspek yang terdapat dalam dining experience mencakup kualitas santapan, kualitas layanan, dan lingkungan fisik dapat menciptakan kepuasan konsumen, dimana menjadi atribut dari bagian evaluasi konsumen terhadap restoran. Hasil evaluasi tersebut dapat menciptakan salah satu respon positif yaitu minat berkunjung kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh dining experience terhadap Dapur Pelangi Ambhara Hotel (2) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap Dapur Pelangi Ambhara Hotel (3) Untuk menganalisis pengaruh revisit intention terhadap Dapur Pelangi Ambhara Hotel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Objek yang digunakan dalam penlitian ini adalah Dapur Pelangi Ambhara Hotel. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Dapur Pelangi dengan jumlah 135 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel dining experience berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen di Dapur Pelangi Ambhara Hotel, (2) variabel dining experience tidak berpengaruh secara langsung terhadap variabel revisit intention, namun berpengaruh secara tidak langsung terhadap variabel revisit intention melalui variabel interveting kepuasan konsumen Dapur Pelangi Ambhara Hotel, (3) variabel kepuasan konsumen berpengaruh secara langsung terhadap revisit intention konsumen di Dapur Pelangi Ambhara Hotel.

English Abstract

Consumers have various preferences in choosing a restaurant, but this can be maximized by business actors by designing the right strategy. Aspects contained in the dining experience include food quality, service quality, and the physical environment which can create consumer satisfaction, which is an attribute of consumer evaluation of restaurants. The results of this evaluation can create a positive response on revisit intention. The objectives of this research are (1) To analyze the influence of dining experience on Dapur Pelangi Ambhara Hotel (2) To analyze the influence of customer satisfaction on Dapur Pelangi Ambhara Hotel (3) To analyze the influence of revisit intention on Dapur Pelangi Ambhara Hotel. This research uses explanatory research methods with a quantitative approach. The object used in this research is the Dapur Pelangi Ambhara Hotel. Primary data was obtained through a questionnaire distributed to Dapur Pelangi consumers with a total of 135 respondents. Data analysis uses descriptive analysis and path analysis. The results of this research show that (1) the dining experience variable has a direct effect on consumer satisfaction at Dapur Pelangi Ambhara Hotel, (2) the dining experience variable does not have a direct effect on the revisit intention variable, but has an indirect effect through the interveting variable of Dapur Pelangi consumer satisfaction Ambhara Hotel, (3) the consumer satisfaction variable has a direct influence on consumer revisit intention at Dapur Pelangi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030101
Uncontrolled Keywords: dining experience, kepuasan konsumen, revisit intention, restoran
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:48
Last Modified: 28 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217629
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Viona Rahmanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item