Pengaruh Pola Sosioekonomi terhadap Nilai Waktu Perjalanan Masyarakat

Ratriadi, Ganjar and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, M.SCE., Ph.D. IPU and Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic. Rer.Reg (2024) Pengaruh Pola Sosioekonomi terhadap Nilai Waktu Perjalanan Masyarakat. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemacetan bukan lagi menjadi masalah bagi kota-kota di negara maju saja tetapi sudah menjadi masalah bagi kota-kota di negara berkembang, Salah satu akibat dari adanya kemacetan tersebut adalah bertambahnya waktu tempuh dari sebuah perjalanan, yang mengakibatkan bertambahnya juga biaya operasional kendaraan. Penelitian terkait dengan pengaruh nilai waktu terhadap biaya operasional kendaraan umumnya menggunakan model yang dikembangkan lebih dari 25 tahun yang lalu. Adanya perubahan sosio ekonomi dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan model tersebut perlu dilakukan peninjauan kembali. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian evaluasi terhadap model-model tersebut dan melakukan modifikasi untuk mendapatkan model nilai waktu yang sesuai dengan kondisi social ekonomi saat ini. Untuk melakukan kajian tersebut, dilakukan pengumpulan data pada Kawasan Malang Raya dengan asumsi merepresentasikan kawasan kota menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan pengguna kendaraan pribadi untuk mengetahui karakteristik sosio ekonomi, dan pengaruhnya terhadap kemacetan dan nilai waktu. Jumlah sampel sebanyak 251 responden. Selain itu juga dilakukan pengumpulan data kecepatan pada ruas-ruas yang dipilih sebagai sampel ruas jalan. Analisis dilakukan dengan metode Regresi Linier Berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel pekerjaan (PNS dan karyawan swasta), penghasilan, rata-rata waktu terbuang dan tujuan perjalanan adalah variabel yang akan mempengaruhi nilai waktu secara signifikan. Pengaruh terbesar nilai waktu adalah pada pengguna jalan yang berprofesi sebagai karyawan swasta. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa nilai waktu perjalanan mempunyai range antara Rp. 11.000 sampai Rp. 53.000 tergantung dari jenis profesi, penghasilan, tujuan perjalanan. Hasil penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh LAPI ITB yang memberikan nilai waktu Rp. 84.000 (sudah disesuaikan dengan nilai inflasi dan lokasi). Penelitian yang dilakukan oleh LAPI ITB dilakukan pada lokasi dengan tingkat penghasilan yang relative tinggi, sehingga perbandingannya dengan hasil penelitian ini adalah sebesar Rp. 53.000. Adanya perbedaan ini memberikan alternatif nilai waktu yang mempunyai range antara Rp. 53.000 sampai Rp. 84.000 sebagai nilai yang dapat digunakan untuk mengestimasi nilai waktu untuk kawasan dengan pendapatan tinggi. Sedangkan untuk Kawasan dengan pendapatan lebih rendah dapat digunakan di bawah Rp. 53.000.Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi hasil penelitian ini pada kondisi kawasan/perkotaan dengan nilai sosio ekonomi yang berbeda (lebih tinggi maupun lebih rendah). Selain itu diperlukan validasi lapangan terhadap nilainilai yang didapatkan dari hasil penelitian ini.

English Abstract

Congestion is no longer just a problem for cities in developed countries but has also become a concern for cities in developing countries. One of the consequences of this congestion is the increase in travel time for a trip, which also leads to higher vehicle operational costs. Research on the impact of time value on vehicle operational costs typically relies on models developed over 25 years ago. However, given the socio-economic changes in recent years, it is necessary to review and update these models. The purpose of this research is to evaluate these models and make necessary modifications to develop a time value model that is suitable for current socio-economic conditions. To conduct this study, data was collected in the Greater Malang area, assuming it represents a medium-sized city area. The data collection involved direct interviews with private vehicle users to determine socio-economic characteristics and their impact on congestion and the value of time. The total sample consisted of 251 respondents. Additionally, speed data was collected on selected road sections for analysis using the Multiple Linear Regression method to establish the relationship between variables. The analysis results indicate that job variables (civil servants and private employees), income, average time wasted, and travel purpose are significant factors influencing the value of time. The greatest impact on the value of time is observed among road users who work as private employees. The analysis also reveals that the value of travel time ranges from Rp. 11,000 to Rp. 53,000, depending on the type of profession, income, and purpose of travel. This differs from a previous study by LAPI ITB, which estimated a time value of Rp. 84,000 (adjusted for inflation and location). The LAPI ITB study was conducted in areas with relatively high income levels, making the comparison with our results IDR. 53,000. This variance offers an alternative time value ranging from Rp. 53,000 to Rp. 84,000, which can be used to estimate the value of time in high-income areas. Conversely, for lower-income areas, it can be valued below Rp. 53,000. Further research is necessary to validate these findings in regional/urban conditions with different socio-economic values (higher or lower). Additionally, field validation of the values obtained from this research is required.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424070010
Uncontrolled Keywords: nilai waktu, studi kelayakan, biaya kemacetan, biaya operasional kendaraan, biaya pengguna jalan-socioeconomic and congestion, value of travel time, feasibility studies, congestion costs, vehicle operating costs, road user costs.
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:46
Last Modified: 25 Mar 2024 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217530
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ganjar Ratriadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item