Pengaruh Belanja Modal Dan Angkatan Kerja Terhadap Ketimpangan Pendapatan Melalui Pertumbuhan Ekonomi Kab/Kota Provinsi Banten

Destarosiani, Rany and Dr. Susilo,, SE., MS. (2024) Pengaruh Belanja Modal Dan Angkatan Kerja Terhadap Ketimpangan Pendapatan Melalui Pertumbuhan Ekonomi Kab/Kota Provinsi Banten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beberapa faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan ketimpangan pendapatan diantaranya belanja daerah terutama pada aspek belanja modal dan angkatan kerja. Tujuannya untuk memahami dampak langsung belanja modal dan angkatan kerja terhadap pertumbuhan ekonomi, serta dampak tidak langsung pada ketimpangan pendapatan dengan pertumbuhan ekonomi sebagai jalurnya. Selain itu, untuk menilai dampak pertumbuhan ekonomi pada ketimpangan pendapatan kabupaten/kota Provinsi Banten. Dengan metode analisis jalur model trimming. Temuan penelitian tidak sejalan dengan Teori Keynesian yang menunjukkan belanja modal memiliki dampak yang signifikan arah negatif terhadap pertumbuhan ekonomi dengan dampak tidak langsung yang positif pada ketimpangan pendapatan. Selain itu, angkatan kerja berdampak positif yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi yang mana ini sejalan dengan Teori Solow dan dampak tidak langsung yang negatif pada ketimpangan pendapatan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga berdampak signifikan negatif pada ketimpangan pendapatan tidak sejalan dengan Teori Neo-Marxis. Penelitian ini diharapkan bisa membantu pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Banten dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menurunkan ketimpangan pendapatan melalui kebijakan terkait.

English Abstract

One of factors that can push economic growth and make income inequality is capital expenditure and workforce. The point of this study is to understand the direct impact of capital expenditure and the workforce on economic growth, as well as their indirect on income inequality through economic growth. Furthermore this study to look effect of economic growth on income inequality ini districts/cities of Banten Province. This study uses secondary data from 2013 until 2022 with a path analysis method with trimming. The research findings wich is different with Keyensian Theory, that is capital expenditure has a significant negative impact on economic growth and indirectly has a positive impact on income inequality. Meanwhile, the workforce has a significant positive impact in economic growth wich is same with Solow Theory and indirectly has a negative impact on income inequality. Additionally, economic growth has a significant negative impact on income inequality and different with Neo-Marxist Theory. This result is expected to assist the local government of districts/cities in Banten Province to increasing economic growth while decreasing income inequality through policies, particularly concerning capital expenditure and the labor force.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020026
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:48
Last Modified: 19 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217215
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rany Destarosiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item