Potensi Antikanker Daun Sirih Hijau (Piper betle L) Terhadap Apoptosis Kanker Kolon (HT-29 Cell Line) Melalui Jalur PI3-K.

Utomo, Iqbal Arif and dr Happy Kurnia Permatasari, Ph.D and Dr Safrina Dewi Ratnaningrum, S.Si., M.Si.,Med (2023) Potensi Antikanker Daun Sirih Hijau (Piper betle L) Terhadap Apoptosis Kanker Kolon (HT-29 Cell Line) Melalui Jalur PI3-K. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Kanker saat ini merupakan masalah kesehatan dengan tingkat mortalitas dan morbiditas yang tinggi. Kasus kanker telah meningkat pesat selama dua dekade ini. Menurut WHO tahun 2020, kanker kolon merupakan kasus terbanyak ketiga jenis kanker dan kematian nomor dua yang disebabkan oleh kanker. Baru-baru ini, terapi kanker kolon menggunakan kemoterapi, operasi reseksi, dan radioterapi. Terapi targeted dan terapi kanker lainnya masih dikembangkan sampai sekarang termasuk diantaranya terapi herbal. Sirih hijau (Piper betle L) adalah tanaman yang banyak digunakan sebagai obat di Asia seperti Cina, India, Malaysia, Indonesia, dan lain-lain. Daun sirih hijau mengandung beberapa senyawa bioaktif seperti hydroxychavicol, eugenol, chavicol, fenol, flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi. Penelitian lain menjelaskan bahwa ekstrak sirih hijau memiliki beberapa aktivitas pengobatan seperti antibakteri, antiseptik, antiinflamasi, dan antikanker. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antikanker ekstrak daun sirih hijau (Piper betle L) terhadap aktivitas apoptosis kanker kolon dengan menggunakan HT-29 cell line dengan pengamatan melalui jalur PI3-K. Metode: Penelitian ini menggunakan sel kultur HT-29 dengan perlakuan beberapa konsentrasi ekstrak daun sirih hijau (Piper betle L) yang berbeda. Imunofluoresen digunakan untuk menentukan ekspresi P-AKT dan cleavaged caspase-3 sebagai penanda sel apoptosis. Analisis Flowcytometry dengan penanda Annexin V dan PI digunakan untuk menentukan jumlah kematian sel. Hasil: Pemberian ekstrak daun sirih hijau menghasilkan efek antikanker positif pada HT-29 yang ditunjukkan oleh penurunan ekspresi P-AKT , peningkatan ekspresi cleavaged caspase-3, dan peningkatan kematian sel Kesimpulan: Sirih hijau memiliki potensi Aktivitas antikanker yang baik terhadap sel kanker kolon HT-29. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengembangkan sirih hijau sebagai pengobatan kanker, terutama pada kanker kolon.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423060126
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:42
Last Modified: 19 Mar 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217065
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IQBAL ARIF U.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item