Wanty, Farah Julizah and Eriq Muhammad Adams Jonemaro,, S.T., M.Kom. and Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc., S.Kom., M.T., M.Sc. (2024) Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Digital Wallet Menggunakan Usability Testing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dompet digital atau e-wallet adalah metode pembayaran alternatif untuk barang, jasa, dan tagihan. Contoh dari aplikasi mobile digital wallet adalah OVO, DANA, dan LinkAja. Pada GooglePlay aplikasi OVO memiliki rating 4.3/5, pada aplikasi DANA 4.2/5, dan 3.6/5 pada aplikasi LinkAja lalu jika dilihat dari komentar pengguna permasalahan yang paling banyak dikeluhkan terdapat pada fitur isi saldo dan transfer saldo. Berdasarkan permasalahan tersebut, ketiga aplikasi tersebut perlu dilakukan evaluasi usability untuk menilai kegunaan dari aplikasi OVO, DANA, dan LinkAja. Penelitian ini menggunakan metode usability testing yang memiliki empat aspek yaitu learnability, efficiency, errors, dan satisfaction. Pada aspek satisfaction pengumpulan data menggunakan kuisioner SUS. Pengujian usability dilakukan oleh 20 orang yang belum pernah menggunakan digital wallet OVO, DANA, dan LinkAja kemudian dilanjutkan dengan mengisi kuisioner SUS. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai aspek learnability pada aplikasi OVO sebesar 86,8%, pada aplikasi DANA sebesar 83,1%, dan pada aplikasi LinkAja sebesar 78,7%. Pada aspek efficiency diperoleh nilai sebesar 0,01 detik untuk ketiga aplikasi. Pada aspek errors diperoleh nilai sebesar 23% pada aplikasi OVO, 19% pada aplikasi DANA, dan 20% pada aplikasi LinkAja. Pada aspek satisfaction menggunakan kuesioner SUS menghasilkan nilai SUS sebesar 76,2% pada aplikasi OVO, 73% pada aplikasi DANA, dan 69,7% pada aplikasi LinkAja. Kemudian yang terakhir akan dilakukan uji statistik pada keempat aspek usability menggunakan metode uji statistic One-Way ANOVA untuk mengukur data yang telah dikumpulkan signifikan atau tidak. Data diketahui terdapat perbedaan yang signifikan jika nilai P-Value lebih kecil dari 0.05 begitupun sebaliknya jika nilai P-Value pada data lebih besar dari 0.05 maka hasilnya pada data tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pada aspek learnability dan aspek efficiency nilai P-Value yang dihasilkan lebih kecil dari 0.05 yang berarti dari kedua aspek tersebut terdapat perbedaan data yang signifikan. Sedangkan, pada aspek errors nilai P-Value yang dihasilkan lebih besar dari 0.05 yang berarti tidak terdapat perbedaan data yang signifikan. Pada aspek satisfaction menghitung semua data skala likert dari kuesioner SUS yang pertama ada skala Sangat Tidak Setuju (STS), Tidak Setuju (TS), Ragu – Ragu (RG), Setuju (ST), dan Sangat Setuju (SS) menghasilkan nilai P-Value lebih besar dari 0.05 yang artinya dari kelima data tersebut tidak terdapat perbedaan data yang signifikan.
English Abstract
Digital wallet or e-wallet is an alternative payment method for goods, services, and bills. Examples of mobile digital wallet applications include OVO, DANA, and LinkAja. On Google Play, the OVO app has a rating of 4.3/5, the DANA app has a rating of 4.2/5, and the LinkAja app has a rating of 3.6/5. Upon reviewing user comments, the most commonly complained about issues revolve around the features of adding balance and transferring funds. Given these issues, an evaluation of usability is necessary for the OVO, DANA, and LinkAja applications. This research utilizes the usability testing method, which encompasses four aspects: learnability, efficiency, errors, and satisfaction. Data collection for the satisfaction aspect is done using the System Usability Scale (SUS) questionnaire. Usability testing involves 20 individuals who have not previously used the OVO, DANA, and LinkAja digital wallets. They then complete the SUS questionnaire. Based on the test results, the learnability aspect scores are 86.8% for the OVO app, 83.1% for the DANA app, and 78.7% for the LinkAja app. Efficiency scores are 0.01 seconds for all three applications. Error rates are 23% for OVO, 19% for DANA, and 20% for LinkAja. In the satisfaction aspect, the SUS questionnaire yields scores of 76.2% for OVO, 73% for DANA, and 69.7% for LinkAja. Lastly, statistical tests are performed on the four usability aspects using the One-Way ANOVA method to determine the significance of the collected data. Significant differences are present if the P-Value is less than 0.05; otherwise, no significant differences are observed. For learnability and efficiency, the P-Values are less than 0.05, indicating significant differences. However, for errors, the P-Value is greater than 0.05, signifying no significant differences. In the satisfaction aspect, considering all Likert scale data from the SUS questionnaire, the P-Value is greater than 0.05, suggesting no significant differences in the collected data.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | digital wallet, usability, usability testing, system usability scale, uji statistic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:50 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216939 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FARAH JULIZAH WANTY.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |