Pengaruh Kualitas Air Untuk Pertumbuhan Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi

Putra, R. Akhmad Akbar Trinanda and Emma Yuliani, ST., MT., Ph.D and Ir. Sri Wahyuni, ST., MT., Ph.D.,IPM (2024) Pengaruh Kualitas Air Untuk Pertumbuhan Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budidaya Ikan Nila di Kecamatan Glenmore sangat banyak ditemui. Dalam proses budidaya Ikan Nila banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor yang paling penting dalam budidaya Ikan Nila adalah kualitas air. Kualitas air berperan penting dalam pertumbuhan dan masa panen daripada ikan itu sendiri. Dalam penelitian ini kualitas yang akan diteliti yaitu pH, suhu, TDS, BOD, DO, dan Nitrat. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari kualitas air ini terhadap pertumbuhan Ikan Nila maka akan dibandingkan antara sumber air yang berbeda pada budidaya Ikan Nila. Sumber pertama yang akan digunakan yaitu air sungai dan yang kedua adalah mata air. Untuk mengetahui pengaruhnya maka Analisa yang akan digunakan adalah Analisa statistika uji f dan uji t. Hasil penelitian dan analisa didapat bahwa laju pertumbuhan pada sumber mata air didapat lebih baik daripada sumber air sungai. Laju pertumbuhan pada sumber mata air bernilai 163 % dan sumber air sungai memiliki nilai 145%. Hal ini dikarenakan pada kualitas air yang diambil pada kedua sumber didapat bahwa sumber mata air lebih baik daripada sumber air sungai.

English Abstract

Cultivation of tilapia fish is highly prevalent in the Glenmore District. Numerous factors can influence the process of tilapia fish cultivation, with water quality being the most crucial. Water quality plays a significant role in the growth and harvest period of the fish. In this research, the focus will be on examining the quality of water, specifically pH, temperature, Total Dissolved Solids (TDS), Biological Oxygen Demand (BOD), Dissolved Oxygen (DO), and Nitrate levels. To understand the impact of water quality on tilapia fish growth, a comparison will be made between different water sources used in tilapia cultivation. The first water source is river water, and the second is spring water. To assess their influence, statistical analysis through the F-test and t-test will be employed. The research and analysis results indicate that the growth rate in the spring water source is superior to that in the river water source. The growth rate in the spring water source is 163%, while the river water source has a value of 145%. This is attributed to the superior water quality found in the spring water source compared to the river water source.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070087
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Kualitas Air, Ikan Nila, Laju Pertumbuhan.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:28
Last Modified: 15 Mar 2024 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216885
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Akhmad Akbar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item