Dinda, Bahiira Albasitha Permata and Susenohaji, S.E., M.Si.,Ak (2023) Analisis Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Maja Tirta Kota Mojokerto Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Tahun 2019 – 2021. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan penyedia air minum yang mempunyai tugas untuk menjamin hak setiap masyarakat dalam mendapatkan air bersih. Dalam pelaksanaannya, PDAM Maja Tirta menghadapi kondisi yang kurang baik dari segi pelayanannya maupun kualitas produknya, sehingga berdampak buruk pada aspek keuangannya. Perkembangan perusahaan menyebabkan manajemen perlu menetapkan strategi dan/atau mengevaluasi kinerja dari perusahaannya agar perusahaan dapat mempertahankan perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan dari metode balanced scorecard sebagai alat pengukur kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Maja Tirta Kota Mojokerto yang ditinjau dari empat perspektif baik perspektif keuangan maupun non-keuangan yang terdiri dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan objek penelitian berdasarkan perhitungan pada fakta yang ada di lapangan dan menjelaskan sebab–akibat antar perspektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2019 sampai dengan 2021 kinerja PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto mendapatkan hasil dalam kategori “kurang sehat”. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai scorecard yang dihasilkan oleh indikator dari masing – masing perspektif. Artinya kinerja PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto masih belum tercapai secara optimal dan kinerja dari perusahaan juga membutuhkan perbaikan.
English Abstract
PDAM Maja Tirta Mojokerto is a company engaged in the service of providing clean drinking water, with the task of ensuring the rights of every community to access clean water. In its implementation, PDAM Maja Tirta faces poor conditions in terms of its services and product quality, which has a negative impact on its financial aspects. The company's growth requires management to establish strategies and/or evaluate the performance of the company in order to sustain it. This study aims to determine and analyze the implementation of the balanced scorecard method as a performance measurement tool for the Regional Drinking Water Company (PDAM) Maja Tirta Mojokerto, based on four perspectives: financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective. The research method used is qualitative descriptive, which describes the condition of the research object based on calculations and facts in the field and explains the cause-and-effect relationship between perspectives. The results of the study show that from 2019 to 2021, the performance of PDAM Maja Tirta Mojokerto falls into the category of "less healthy." This is indicated by the scorecard values generated by indicators from each perspective. This means that the performance of PDAM Maja Tirta Mojokerto has not yet been achieved optimally, and there are still many aspects of the company's performance that need improvement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170273 |
Uncontrolled Keywords: | balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran-balanced scorecard, financial perspective, customer perspective, internal business process perspective and growth and learning perspective |
Divisions: | Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 07:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 07:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216593 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bahiira Albasitha Permata Dinda.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |