Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Beli Konsumen yang Dimediasi oleh Citra Merek (Studi Pada Konsumen Viva Cosmetics di Kota Malang)

Simanjuntak, Bintang Artha Velina and Radityo Putro Handrito,, SE., M.M., Ph.D. (2023) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Beli Konsumen yang Dimediasi oleh Citra Merek (Studi Pada Konsumen Viva Cosmetics di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

media marketing terhadap minat beli dan citra merek, serta hubungan langsung antara citra merek terhadap minat beli. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji peran citra merek sebagai variabel mediasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan structured equation modelling yang berbasis partial least square (SEM-PLS). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh individu yang mengetahui Viva Cosmetics baik secara langsung ataupun melalui media sosial dengan ukuran sampel sebanyak 184 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukan bahwa dalam hubungan langsung, social media marketing memiliki pengaruh positif terhadap citra merek dan minat beli. Citra merek juga memiliki pengaruh positif terhadap minat beli. Selain itu, citra merek juga berperan dalam memediasi secara parsial hubungan antara social media marketing dan minat beli pada konsumen produk Viva Cosmetics di Kota Malang.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the direct effect of social media marketing on purchase intention and brand image, the indirect effect of brand image on purchase intention, and the role of brand image as the mediating variable. The data analysis was performed using Partial Least Squares-based Structural Equation Modeling (SEM-PLS). The research population is all individuals who know about Viva Cosmetics both directly and indirectly through social media. Using purposive technique, 184 people were selected as the respondens. The results of the analysis indicate that social media marketing positively affects brand image and purchase intention and that brand image positively influences purchase intention. Furthermore, brand image was found to have partial mediating effect in the association between social media marketing and the intention of people in Malang City to purchase the products of Viva Cosmetics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020764
Uncontrolled Keywords: social media marketing, citra merek, minat beli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:08
Last Modified: 27 Feb 2024 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216565
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bintang Artha Velina Simanjuntak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item