Kontribusi Aktor BUMDes pada Aktivitas UMKM “Srikandi Factory” dalam Pembangunan Berkelanjutan di Desa Sumberejo, Kota Batu.

Ramadhani., Windy Adrin and Dr. Setiyo Yuli Handono, S.P., M.P., MBA., S.P., M.P., MBA. and Dr. Setiyo Yuli Handono,, S.Pi., M.P., Ph.D. (2024) Kontribusi Aktor BUMDes pada Aktivitas UMKM “Srikandi Factory” dalam Pembangunan Berkelanjutan di Desa Sumberejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BUMDes merupakan salah satu lembaga ekonomi yang berperan penting dalam mendorong pembangunan berkelanjutan pada wilayah pedesaan di Indonesia. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggunakan pembangunan berkelanjutan sebagai salah satu misi yang ingin dicapai berdasarkan visinya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan. Salah satu wilayah yang ada pada Jawa Timur dan dapat dikaitkan dengan pembangunan berkelanjutan adalah Kota Batu yang juga memiliki banyak sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan guna mencapai kesejahteraan masyarakatnya baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Ekonomi yang merupakan aspek dalam pembangunan berkelanjutan dapat dicapai dari tingkat desa melalui adanya Unit Mikro Kecil dan Menengah. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja kontribusi yang telah dilakukan oleh aktor BUMDes di Desa Sumberejo pada aktivitas UMKM “Srikandi Factory” dari aspek ekonomi, sosial, lingkungan, yang merupakan aspek dari pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan di Desa Sumberejo pada bulan Oktober-Desember 2023 dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mempermudah peneliti dalam mengamati secara langsung kondisi di lapang. Teknik penentuan informan menggunakan purposive karena peneliti memilih informan yang dinilai banyak mengetahui terkait tujuan penelitian yang sedang dilakukan. Informan tersebut adalah bendahara BUMDes, ketua UMKM, dan salah satu anggota UMKM. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan peneliti dengan menggunakan metode analisis data interaktif dari Milles dan Huberman yang diantaranya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan metode triangulasi dari sumber, metode, dan waktu, agar peneliti mendapatkan data yang akurat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aktor BUMDes berkontribusi pada aktivitas UMKM “Srikandi Factory” dalam pembangunan berkelanjutan dalam hal penyediaan lapangan kerja, penyediaan fasilitas produksi, pemberian pelatihan, pemberdayaan perempuan, pengembangan pariwisata dan konservasi sumber daya alam. Tetapi yang paling aktif berkontribusi pada setiap aktivitas UMKM “Srikandi Factory” adalah Bendahara BUMDes. Meskipun aktor BUMDes lain dinilai kurang aktif, namun aktivitas UMKM “Srikandi Factory” dapat berjalan dengan baik karena adanya monitoring oleh seluruh pengurus BUMDes baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, dari penelitian ini diharapkan seluruh aktor BUMDes turut berpartisipasi aktif dalam aktivtas UMKM “Srikandi Factory” dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan guna meningkatkan UMKM.

English Abstract

Village-Owned Enterprises is an economic institution that plays an important role in encouraging sustainable development in rural areas in Indonesia. The East Java Provincial Government uses sustainable development as one of the missions it wants to achieve based on its vision to create a prosperous and just society. One of the areas in East Java that can be linked to sustainable development is Batu City, which also has many natural resources and human resources that can be utilized to achieve community welfare both in economic, social and environmental terms. The economy, which is an aspect of sustainable development, can be achieved from the village level through the existence of Micro, Small and Medium (MSMEs) Units. So this research was carried out to find out what contributions have been made by Village-Owned Enterprises actors in Sumberejo Village to improve the “Srikandi Factory” MSMEs from economic, social and environmental aspects, which are aspects of sustainable development. This research was conducted in Sumberejo Village in October-December 2023 and used a qualitative approach with the aim of making it easier for researchers to directly observe conditions in the field. The technique for determining informants uses purposive because the researcher chooses informants who are considered to have a lot of knowledge regarding the objectives of the research being carried out. The informants were the Village-Owned Enterprises treasurer, the chairman of the “Srikandi Factory” MSMEs, and one of the “Srikandi Factory” MSMEs members. Researche data collection was carried out using indepth interviews, observation and documentation methods. Data analysis was carried out by researchers using interactive data analysis methods from Milles and Huberman, including data reduction, data presentation and drawing conclusions. Researchers use the triangulation method of sources, methods and time, so that researchers get accurate data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040128
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:24
Last Modified: 22 Feb 2024 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216313
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Windy Adrin Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item