Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif AhaSlides terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemrograman Dasar pada Konteks Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Husodo, Safira Luthfiana and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D (2024) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif AhaSlides terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemrograman Dasar pada Konteks Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat salah satunya di bidang pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat menjadi inovasi untuk melaksanakan variasi kegiatan belajar dengan didukung metode pembelajaran yang menarik. metode Problem Based Learning (PBL) membutuhkan adanya interaksi antara peserta didik dan pendidik selama pembelajaran sehingga membutuhkan bantuan seperti media pembelajaran interaktif untuk mendukungnya. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran interaktif AhaSlides terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diteliti mencangkup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Metode penelitian menggunakan weak experiment static group pretest-posttest. Sampel dibagi menjadi dua kelas untuk membandingkan hasil belajar kelas X TKJ untuk mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian menggunakan analisis uji asumsi yaitu normalitas dan homogenitas untuk menentukan uji hipotesis. Pada aspek kognitif dan psikomotorik tidak memenuhi uji asumsi sehingga menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney U. Pada aspek afektif memenuhi uji asumsi sehingga menggunakan uji parametrik uji T Independent. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan bahwa media pembelajaran interaktif AhaSlides dapat berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan psikomotor dengan dibuktikan nilai hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen menjadi lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan, untuk aspek afektif kurang dapat berpotensi mempengaruhi hasil belajar siswa karena nilai hasil belajar siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan.

English Abstract

The development of technology is increasingly rapid, one of which is in the field of education. The use of technology in education can be an innovation to carry out a variety of learning activities supported by interesting learning methods. The Problem Based Learning (PBL) method requires interaction between students and educators during learning so that it requires assistance such as interactive learning media to support it. The purpose of the research conducted to determine the effect of utilizing AhaSlides interactive learning media on student learning outcomes. Student learning outcomes studied include cognitive, psychomotor, and affective aspects. The research method used weak experiment static group pretest-posttest. The sample was divided into two classes to compare the learning outcomes of class X TKJ for basic programming subjects at SMK Negeri 3 Malang. The study used assumption test analysis, namely normality and homogeneity to determine hypothesis testing. In cognitive and psychomotor aspects do not meet the assumption test so using the Mann Whitney U nonparametric test. In affective aspects meet the assumption test so using the Independent T test parametric test. The conclusion of this study results in that AhaSlides interactive learning media can potentially affect student learning outcomes in cognitive and psychomotor aspects as evidenced by the value of learning outcomes there is a significant difference in the experimental class to be higher than the control class. Meanwhile, for the affective aspect, it is less able to potentially affect student learning outcomes because the value of student learning outcomes in both classes is not significantly different.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150217
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, Problem Based Learning, hasil belajar, AhaSlides.interactive learning media, Problem Based Learning, learning outcomes, AhaSlides.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:42
Last Modified: 02 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216294
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Safira Luthfiana Husodo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item