Evaluasi Proses Bisnis Sistem Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT INKA (Persero))

Sari, Rahajeng Yusita and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A and Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT (2024) Evaluasi Proses Bisnis Sistem Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT INKA (Persero)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT INKA (Persero) merupakan perusahaan manufaktur kereta api pertama di Asia Tenggara yang memiliki jangkauan pasar di berbagai dunia. Salah satu hal penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan yang berkelanjutan adalah dengan menggunakan penilaian kinerja karyawan. Permasalahan telah ditemukan sehingga penilaian kinerja PT INKA (Persero) tidak berjalan secara optimal karena keterlambatan berkas penilaian untuk diolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab penilaian tidak berjalan optimal menggunakan metode six sigma dengan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil analisis ditemukan beberapa waste yang terjadi yaitu waiting, motion, dan overprocessing yang menghasilkan nilai six sigma level 4 yaitu 40.418. Identifikasi akar permasalahan telah dilakukan dan ditemukan penyebab akar permasalahan berupa staf yang tidak melapor hasil kinerja tepat waktu, tidak ada PIC Divisi dedicated, kurangnya sumber daya manusia, dan tidak adanya sistem yang mengolah sehingga penilaian masih dilaksanakan secara konvensional sehingga membutuhkan banyak waktu yang menyebabkan seringkali penilaian tidak sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan. Analisis permasalahan menghasilkan perbaikan yang dimodelkan pada sebuah Business Process Model and Notation (BPMN). Perbaikan ini menghasilkan peningkatan proses yang signifikan dengan mempersingkat waktu pemrosesan dari 13 hari 22 jam 21 menit menjadi 6 hari 17 jam 17 menit.

English Abstract

PT INKA (Persero) is the first railway manufacturing company in Southeast Asia with a market reach across the world. One crucial aspect in enhancing sustainable employee productivity is through the use of employee performance appraisals. Issues have been identified, leading to suboptimal performance appraisals at PT INKA (Persero) due to delays in processing appraisal documents. The aim of this research is to analyze the causes of suboptimal appraisals using the Six Sigma method with the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) approach. The analysis revealed several types of waste, namely waiting, motion, and overprocessing, resulting in a Six Sigma level of 4, equivalent to 40.418. Root cause analysis identified issues such as staff failing to report performance results on time, the absence of a dedicated Division PIC, a lack of human resources, and the absence of a processing system, leading to conventional appraisals that require a significant amount of time, often resulting in assessments not meeting the set timelines. The problem analysis led to improvements modeled in a Business Process Model and Notation (BPMN). These improvements resulted in a significant process enhancement by reducing processing time from 13 days 22 hours 21 minutes to 6 days 17 hours 17 minutes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150209
Uncontrolled Keywords: penilaian, kinerja, waste, six sigma, DMAIC, BPMN-assessment, performance, waste, six sigma, DMAIC, BPMN
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Apr 2024 01:29
Last Modified: 02 Apr 2024 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216258
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahajeng Yusita Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item