Hubungan Minat Menjadi Guru dan Persepsi Kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi

Muslichah, Nur Wachidatul and Ir. Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. (2024) Hubungan Minat Menjadi Guru dan Persepsi Kesiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan aktivitas dengan tujuan untuk menjamin hidup menjadi lebih baik yang dapat tercapai jika diimbangi adanya guru yang baik dan profesional. Menumbuhkan minat menjadi guru merupakan salah satu indikator keberhasilan mahasiswa untuk mengembangkan dan menguasai kesiapan menjadi guru. Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya menyusun program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sebagai upaya mendukung pembentukan guru yang baik. Penelitian yang dilakukan ini termasuk pada penelitian kuantitatif korelatif yang menggali hubungan antar berbagai variabel. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat menjadi guru dengan kesiapan menjadi guru, hubungan persepsi kesiapan dalam Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan kesiapan menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan simultan antara minat menjadi guru dan persepsi kesiapan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar ke 63 mahasiswa aktif Pendidikan Teknologi Informasi yang sedang mengikuti PLP pada tahun 2023 untuk mengumpulkan informasi yang relevan untuk analisis hubungan antar variabel. Uji korelasi product moment dari Pearson digunakan untuk melakukan uji hipotesis pada penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara minat menjadi guru dengan kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai kekuatan hubungan sebesar 0,455 yang berarti sedang/cukup.; (2) terdapat hubungan positif antara persepsi kesiapan PLP dengan kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai kekuatan hubungan sebesar 0,484 yang berarti sedang/cukup; (3) terdapat hubungan positif secara simultan antara minat menjadi guru dan persepsi kesiapan PLP terhadap kesiapan menjadi guru berdasarkan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai kekuatan hubungan dari ketiga variabel ini sebesar 0,56 yang berarti sedang/cukup.

English Abstract

Education is an activity with the aim to ensure a better life that can be achieved if balanced by the presence of good teachers and professionals. Growing interest in becoming a teacher is one of the indicators of student success to develop and master the readiness to become a teacher. Information Technology Education University of Brawijaya developed the School Field Recognition (PLP) program as an effort to support the formation of good teachers. This research includes correlative quantitative research that delves into the relationships between various variables. The main focus of this research is to find out the relationship between the interest in becoming a teacher with the readiness to become a teacher, the relationship of perception of readiness in the School Field Recognition (PLP) and the readiness to become a teacher. This study aims to understand the simultaneous relationship between the interest in becoming a teacher and the perception of PLP readiness to become a teacher. The data collection was conducted through a questionnaire distributed to 63 active students of Information Technology Education who were following the PLP to collect relevant information for the analysis of relationships between variables. Pearson's product moment correlation test is used to test hypotheses in research. The results showed that (1) there is a positive relationship between the interest in becoming a teacher with the readiness to become a teacher based on a significant value of 0.001 < 0.05 and the value of relationship strength of 0.455 which means moderate/enough.; (2) There is a positive relationship between the perception of PLP readiness and the readiness to become a teacher based on a significant value of 0.001 < 0.05 and the value of relationship strength of 0.484 which means moderate/enough; (3) There is a simultaneous positive relationship between the interest in becoming a teacher and the perception of PLP readiness to become a teacher based on the significant value of 0.001 < 0.05 and the relationship strength value of these three variables is 0.56 which means moderate/enough.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150199
Uncontrolled Keywords: minat menjadi guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), kesiapan menjadi guru-interest in becoming a teacher, School Field Recognition (PLP), readiness to become a teacher.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:32
Last Modified: 01 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216220
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Wachidatul Muslichah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item