Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Sebagai Mediasi Pada Produk Melon Hidroponik (Studi Pada Merek The Farmhill).

Napitupulu., Glory P. E. and Dr. Silvana Maulidah,, S.P., M.P. (2024) Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek Melalui Citra Merek Sebagai Mediasi Pada Produk Melon Hidroponik (Studi Pada Merek The Farmhill). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif pada era digital, dimana pemasaran melalui media sosial telah mempengaruhi cara perusahaan dalam berkomunikasi dengan audiensnya serta mempengaruhi cara konsumen berinteraksi dengan merek-merek yang mereka senangi. Salah satu platform media sosial yang paling populer dan berpengaruh saat ini adalah instagram. Instagram bukan hanya sekadar platform untuk berbagi foto dan video, tetapi juga menjadi ruang bagi perusahaan untuk berinteraksi secara real-time dengan target audiens. Aktivitas pemasaran di media sosial dapat mempengaruhi citra merek dan loyalitas merek, sehingga sangat penting bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan potensi media sosial khususnya pada platform instagram dalam membangun merek yang kuat serta berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap citra merek, menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek, menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek, serta menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek yang dimediasi oleh citra merek pada produk melon hidroponik The Farmhill. Penelitian ini dilakukan pada bulan November hingga Desember 2023. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan total responden sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan aplikasi WARP PLS 8.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa bahwa aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh The Farmhill berpengaruh terhadap citra merek, aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh The Farmhill berpengaruh terhadap loyalitas merek, citra merek berpengaruh terhadap loyalitas merek, serta aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh The Farmhill berpengaruh terhadap loyalitas merek melalui citra merek sebagai variabel mediasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan nilai dari hubungan variabel-variabel tersebut yang positif dan signifikan.

English Abstract

Social media has become one of the most effective marketing tools in the digital era, where marketing via social media has influenced the way companies communicate with their audiences and influenced the way consumers interact with the brands they like. One of the most popular and influential social media platforms today is Instagram. Instagram is not just a platform for sharing photos and videos, but also a space for companies to interact in real-time with their target audience. Marketing activities on social media can influence brand image and brand loyalty, so it is very important for companies that want to utilize the potential of social media, especially on the Instagram platform, in building a strong and competitive brand. This research aims to analyze the influence of social media marketing activities on brand image, analyze the influence of social media marketing activities on brand loyalty, analyze the influence of brand image on brand loyalty, and analyze the influence of social media marketing activities on loyalty brand mediated by brand image on The Farmhill hydroponic melon products. This research was conducted from November to December 2023. The sampling method was carried out using a purposive sampling technique with a total of 100 respondents. The analysis used in this research is SEM-PLS with the WARP PLS 8.0 application. Based on the research that has been carried out, the results show that the social media marketing activities carried out by The Farmhill have an effect on brand image, the social media marketing activities carried out by The Farmhill have an effect on brand loyalty, brand image has an effect on brand loyalty, and social media marketing activities carried out by The Farmhill influence brand loyalty through brand image as a mediating variable. This is demonstrated by the results of data processing which shows that the value of the relationship between these variables are positive and significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040089
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:35
Last Modified: 19 Feb 2024 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216139
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Glory P.E Napitupulu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item