Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan (Food Sharing) Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter

Azilah, Rimul and Fais Al Huda, S. Kom., M. Kom and Ir. Lutfi Fanani, S. Kom., M. T., M. Sc (2024) Pengembangan Aplikasi Berbagi Makanan (Food Sharing) Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampah makanan merupakan suatu persoalan yang akan selalu ditemukan disetiap lini aktivitas manusia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022 tercatat bahwa Indonesia menghasilkan 33,2 ton timbunan sampah dimana, berdasarkan jenisnya didominasi oleh sampah sisa makanan sebesar 40,7% dan berdasarkan sumbernya rumah tangga menjadi penyumbang tertinggi sebesar 38,2%. Hal ini diperkuat pula dengan data survei yang dilakukan terhadap anak kos dan ibu rumah tangga sebagai responden dari sektor rumah tangga khusus dimana didapatkan bahwa dari 53 responden didapatkan hasil bahwa 84,9% sering memiliki makanan berlebih yang masih layak konsumsi namun kerap kali kebingungan untuk membagikannya dan 98,1% dari mereka menyatakan akan terbantu jika terdapat aplikasi yang dapat menyalurkan dan mengatasi permasalahan makanan sisa ini. Maka dari itu, dirancang sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu pengguna untuk membagikan makanan sisa yang dipunyai dan membantu pengguna untuk mendapatkan makanan sisa yang diinginkan pula. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode SDLC Waterfall Model, penggunaan framework flutter dengan bahasa pemrograman Dart, Firebase sebagai penyimpanan data, dan MVVM sebagai pola arsitektur aplikasi. Aplikasi ini juga diuji menggunakan metode black box testing dan usability testing. Pada pengujian black box yang diujikan kepada pengembang didapatkan hasil valid sebesar 100%. Pengujian lainnya dilakukan menggunakan A/B Testing untuk membandingkan hasil pemilihan tata letak tampilan beranda aplikasi dan didapatkan hasil 80% responden memilih varian A dan 20% memilih varian B. Lalu, dari sisi usability juga menguji 3 aspek meliputi aspek effectiveness didapatkan skor persentase sebesar 97,1%, aspek efficiency didapatkan skor dengan persentase sebesar 85,3%, dan pada aspek satisfaction menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS) dan didapatkan hasil senilai 88,5 dengan kategori skor SUS acceptable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini terbilang mudah untuk digunakan pengguna dalam membagikan makanan sisa yang dimiliki kepada orang lain.

English Abstract

Food waste is an issue that will always be encountered in every line of human activity. Based on data from the Ministry of Environment and Forestry (KLHK) in 2022, Indonesia generated 33.2 tons of waste, where 40.7% of it was dominated by food waste, and 38.2% originated from households. This is further supported by a survey conducted on boarding house residents and housewives as respondents from the specific household sector. The survey revealed that out of 53 respondents, 84.9% often had surplus food that was still fit for consumption but were frequently confused about how to distribute it. Additionally, 98.1% stated that they would be helped by an application that could channel and address the issue of surplus food. Therefore, a mobile-based application was designed to assist users in sharing their surplus food and help them obtain desired surplus food. The application was developed using the SDLC Waterfall Model, Flutter framework with Dart programming language, Firebase as a data storage solution, and MVVM as the application architecture pattern. The application underwent black box testing and usability testing. In the black box testing, which was conducted with developers as the test subjects, a valid result of 100% was obtained. A/B Testing was performed to compare the results of the chosen layout for the application's home screen, with 80% of respondents choosing variant A and 20% choosing variant B. Usability testing covered three aspects: effectiveness with a percentage score of 97.1%, efficiency with a percentage score of 85.3%, and satisfaction assessed using the System Usability Scale (SUS), resulting in a score of 88.5, categorized as an acceptable SUS score. The findings of this research indicate that the application is relatively easy for users to use when sharing surplus food with others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: sampah makanan, berbagi makanan, waterfall, MVVM, flutter, firebase, mobile, ood waste, food sharing, waterfall, MVVM, Flutter, Firebase, mobile
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:15
Last Modified: 07 Feb 2024 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215832
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rimul Azilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item