Ihsan, Miftahul and Agi Putra Kharisma, S.T., M.T. and Adam Hendra B, S.Kom., M.T., M.Sc. (2024) Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Penyewaan Alat Foto dan Video Berbasis Website Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Aceh Camera). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan popularitas media sosial saat ini telah mendorong pertumbuhan kegiatan fotografi dan videografi di masyarakat. Selain menjadi hobi, aktivitas ini juga dianggap sebagai peluang bisnis oleh masyarakat. Namun, sebagian masyarakat masih menghadapi kendala akses ke peralatan foto dan video yang mahal, sehingga memerlukan bantuan penyedia jasa sewa alat seperti Aceh Camera. Sebagai UMKM di Kota Banda Aceh, Aceh Camera telah mengelola 250- 300 transaksi per bulan dengan menggunakan sistem penyewaan manual melalui Whatsapp. Sistem penyewaan manual masih terdapat kekurangan, salah satunya ketidakmampuan pelanggan untuk mengecek ketersediaan alat di luar jam kerja Aceh Camera. Oleh karena itu, Aceh Camera berencana untuk mengubah sistem penyewaan menjadi online melalui website. Salah satu tahap pembuatan website adalah pereancangan user experience, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna website penyewaan alat video dan foto di Aceh Camera dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), mengetahui fungsionalitas yang diperlukan untuk website dengan menggunakan pendekatan HCD, dan mengetahui sejauh mana usability (efektivitas, efisiensi, dan kepuasan) pengguna terhadap prototipe website. Berdasarkan hasil wawancara, karakteristik pengguna aplikasi penyewaan alat video dan foto online berbasis website di Aceh Camera dapat dikelompokan menjadi 2 jenis, yaitu pelanggan publik dan pelanggan loyal. Hasil pengujian usability dengan 10 tugas yang dilakukan oleh 10 pelanggan publik dan 10 pelanggan loyal menunjukkan efektiftias prototipe website sebesar 88% ± 12% setiap tugasnya. Terkait efisiensi prototipe website, partisipan dari kalangan pelanggan publik paling cepat menyelesaikan tugas dengan kode T10, hanya dalam waktu 10 detik ± 3 detik. Sementara itu, partisipan dari pelanggan loyal paling cepat dalam menyelesaikan tugas adalah T9, dengan waktu 10 detik ± 6 detik. Partisipan dari kedua kategori menghabiskan waktu paling lama pada tugas dengan kode T7, yaitu sebesar 88 detik ± 24 detik. Hasil kepuasan pengguna terhadap prototipe diambil menggunakan System Usability Scale (SUS) yang menghasilkakan skor SUS partisipan pelanggan publik sebesar 83,75 ± 8,85, sementara partisipan pelanggan loyal memiliki skor lebih rendah, yakni sekitar 81,25 ± 10,33.
English Abstract
The increasing popularity of social media has encouraged the growth of photography and videography activities in society. Beyond being a hobby, these activities are also seen as business opportunities. However, some individuals still face challenges in accessing expensive photo and video equipment, necessitating the assistance of equipment rental service providers like Aceh Camera. As a Micro, Small, and Medium-sized Enterprise (UMKM) in Banda Aceh, Aceh Camera manages 250-300 transactions per month using a manual rental system through WhatsApp. The manual rental system has its drawbacks, one of which is customers' inability to check equipment availability outside Aceh Camera's working hours. Therefore, Aceh Camera plans to transition to an online rental system through a website. Designing the user experience is a crucial step in the process of developing a website, so that this research aims to understand the characteristics of users of Aceh Camera's online photo and video equipment rental application using the Human-Centered Design (HCD) approach, determine the required functionalities for the website using the HCD method, and assess the usability (effectiveness, efficiency, and satisfaction) of users with the website prototype. Based on interview results, users of the online photo and video equipment rental application at Aceh Camera can be categorized into two types: public customers and loyal customers. Usability testing with 10 tasks conducted by 10 public customers and 10 loyal customers showed the effectiveness of the website prototype at 88% ± 12%. Regarding the efficiency of the website prototype, participants from the public customer group completed task T10 in the shortest time, within 10 seconds ± 3 seconds. Meanwhile, participants from the loyal customer group were fastest in completing task T9, taking 10 seconds ± 6 seconds. Participants from both categories spent the most time on task T7, which was 88 seconds ± 24 seconds. User satisfaction with the prototype was assessed using the System Usability Scale (SUS). The results produced a SUS score of 83.75 ± 8.85 for public customer participants, while loyal customer participants had a lower score, around 81.25 ± 10.33.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150133 |
Uncontrolled Keywords: | penyewaan, human centered design, user experience, usability, pengujian usability, system usability scale-rental, human-centered design, user experience, usability, usability testing, system usability scale |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215817 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Miftahul Ihsan.pdf Restricted to Registered users only Download (37MB) |
Actions (login required)
View Item |