Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kesehatan High Dessert Indonesia melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Konsumen Produk Kesehatan High Dessert Indonesia di Kota Surabaya)

Viekaputra Judianto, Steven and Dr. Drs. Agung Yuniarinto, MS.CMA (2022) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kesehatan High Dessert Indonesia melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Konsumen Produk Kesehatan High Dessert Indonesia di Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan sehingga praktek gaya hidup sehat menjadi popular. Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan terhadap produk-produk kesehatan. High Dessert Indonesia sebagai salah satu perusahaan produk kesehatan dengan sistem penjualan langsung mengalami stagnansi dalam penjualan bahkan terjadi penurunan omzet pada akhir bulan tahun 2020 dan awal bulan tahun 2021. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kesehatan High Dessert Indonesia melalui kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden yang diambil dari populasi konsumen produk kesehatan High Dessert Indonesia di Kota Surabaya dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Sturctural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Merek. (3) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (4) Variabel kepercayaan merek memediasi (mediasi sebagian) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk kesehatan High Dessert Indonesia di Kota Surabaya.

English Abstract

This research was motivated by the increasing awareness of the Indonesian people about the importance of health so that the practice of a healthy lifestyle became popular. This causes an increase in the need for health products. High Dessert Indonesia as a health product company with a direct sales system experienced stagnation in sales and even a decline in turnover at the end of 2020 and early 2021. This study was conducted to determine the effect of product quality on purchasing decisions for health products High Dessert Indonesia through trust brand as a mediating variable. This type of research is explanatory research that explains the causal relationship between variables through hypothesis testing. This study uses a sample of 110 respondents taken from the population of consumers of health products High Dessert Indonesia in the city of Surabaya with a non-probability sampling technique with purposive sampling. The data analysis technique used is Structural Equation Model (SEM) with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of this study are (1) Product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions. (2) Product quality has a positive and significant influence on Brand Trust. (3) Brand trust has a positive and significant influence on purchasing decisions. (4) Brand trust variable mediates (partial mediation) the influence of product quality on consumer purchasing decisions of Indonesian High Dessert health products in the city of Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052202
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepercayaan Merek, Product Quality, Purchase Decisions, Brand Trust
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 06 Feb 2024 05:43
Last Modified: 06 Feb 2024 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215764
[thumbnail of DALAM AMSA EMBARGO] Text (DALAM AMSA EMBARGO)
Steven Viekaputra Judianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item