Wardani, Dhamar Santi Kusuma and Agi Putra Kharisma, S.T., M.T. and Ir. Nurudin Santoso, S.T., M.T., (2024) Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Mahasiswa FILKOM UB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan salah satu permasalahan yang rentan terjadi pada mahasiswa. Permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan e-money, gaya hidup, dan literasi keuangan. Untuk menghindari permasalahan tersebut, mahasiswa perlu mengelola keuangan dengan baik, salah satunya dengan melakukan pencatatan setiap transaksi keuangan yang dilakukan. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan kepada 57 mahasiswa FILKOM UB, hanya 12,7% mahasiswa yang melakukan pencatatan keuangan setiap harinya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sulitnya mencatat secara manual, sering lupa mencatat, dan rumitnya alur serta tampilan aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui karakteristik calon pengguna, keluhan serta harapan guna merancang sebuah aplikasi pengelola keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan sulitnya melakukan pencatatan secara manual maupun dengan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang diharapkan dapat membantu menggali dan menjawab kebutuhan pengguna. Hasil akhir penelitian ini berupa desain solusi dalam bentuk high-fidelity prototype yang kemudian digunakan untuk usability testing. Terdapat tiga aspek uji, yaitu efektivitas dengan hasil 88% (±0.1244), efisiensi dengan 0.090 goals/second (±0.051), dan kepuasan dengan skor 93 (±3.167) menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui nilai confidence interval 95% yang diyakini dapat mencakup nilai populasi yang sebenarnya.
English Abstract
Consumptive behavior is one of the problems that students are vulnerable to. This problem is caused by several factors, such as the use of e-money, lifestyle, and financial literacy. To avoid such problems, students need to manage their finances well, one of which is by keeping a record of every financial transaction they make. Based on a survey of 57 students at FILKOM UB, only 12.7% of students conduct financial records every day. This is due to several factors, such as the difficulty of recording manually, often forgetting to record, the complexity of the flow, and the appearance of the application used. Therefore, the research was conducted to identify the characteristics of potential users, complaints, and expectations to design a financial manager application that can meet the needs and solve the difficulty of recording manually or with the application. The research uses design thinking methods that are expected to help dig for and respond to user needs. The final result of this research was the design of a solution in the form of a high-fidelity prototype that was then used for usability testing. There are three aspects of the test: effectiveness with an 88% score (±0.1244), efficiency with 0.090 goals per second (±0.051), and satisfaction with a score of 93 (±3.167) using the System Usability Scale. (SUS). The results were then further analyzed to determine the confidence values of the 95% intervals that were believed to cover the actual population values.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150061 |
Uncontrolled Keywords: | perilaku konsumtif, pengelolaan keuangan, design thinking, usability testing, system usability scale, confidence interval 95%-consumptive behavior, financial management, design thinking, usability testing, system usability scale, confidence interval 95%. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:14 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215499 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhamar Santi Kusuma Wardani.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |