Prajoko, Dennis Setiadi and Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom and and Muhammad Aminul Akbar, S.Kom. , M.T. (2024) Evaluasi Playtesting Gim War Thunder Menggunakan Metode MDA Framework. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era kemajuan internet, layanan hiburan seperti permainan video, atau video game, telah menjadi fenomena global dengan akses yang mudah bagi seluruh lapisan masyarakat. Permainan daring atau online games kini memungkinkan sejumlah besar pemain untuk berinteraksi melalui jaringan internet, menarik perhatian berbagai kelompok usia mulai dari anakanak hingga dewasa. Salah satu contoh permainan daring yang mempopulerkan genre simulasi militer adalah War Thunder, yang dirilis oleh Gaijin Entertainment pada tahun 2013. Game ini menawarkan pengalaman pertempuran Massively Multiplayer Online (MMO) dengan mode Conquest, di mana dua tim bersaing untuk mengendalikan titik strategis dan menghabiskan poin lawan. Evaluasi Playtesting pada War Thunder menggunakan metode MDA (Mechanics, Dynamics, dan Aesthetics) Framework yang pada awalnya dirancang sebagai kerangka kerja untuk proses game design. Namun, dalam penelitian ini digunakan untuk evaluasi gameplay dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kualitas pengalaman bermain saat ini. Dalam proses playtesting, sekelompok pemain dengan latar belakang dan tingkat pengalaman yang beragam menguji secara langsung game ini. Dengan menganalisis aspekaspek MDA Framework, seperti Mechanics yang melibatkan aturan dan interaksi dalam permainan, Dynamics yang berkaitan dengan interaksi antar pemain dan mekanisme permainan, serta Aesthetics yang mencakup aspek visual dan audio. Dalam setahun terakhir, War Thunder menerima berbagai keluhan dari pemain dan mitra konten resmi, seperti Tymtra (2023) yang secara terbuka menyampaikan ketidakpuasannya melalui video Youtube. Berbagai isu termasuk reward yang rendah,biaya perbaikan kendaraan tinggi, dan ketidakseimbangan mekanik gameplay, kini menjadi fokus evaluasi. Melalui analisis MDA Framework dan playtesting, penelitian ini berupaya memberikan landasan bagi pengembang untuk meningkatkan kualitas permainan, menciptakan pengalaman bermain yang lebih optimal dan memuaskan untuk para pemain War Thunder.
English Abstract
In the age of internet advancement, entertainment services such as video games have become a global phenomenon with easy access to all walks of life. Online games now allow a large number of players to interact over the internet, attracting a wide range of age groups from children to adults. One example of an online game that popularized the military simulation genre is War Thunder, released by Gaijin Entertainment in 2013. This game offers a Massively Multiplayer Online (MMO) battle experience with Conquest mode, where two teams compete to control strategic points and deplete the opponent's points. Playtesting evaluation in War Thunder uses the MDA (Mechanics, Dynamics, and Aesthetics) Framework method which was originally designed as a framework for game design process. However, in this study it was used for gameplay evaluation with the aim of gaining an indepth understanding of the quality of the current play experience. In the playtesting process, a group of players with diverse backgrounds and experience levels put the game to the test. By analyzing aspects of the MDA Framework, such as Mechanics involving rules and interactions in the game, Dynamics relating to interactions between players and game mechanics, and Aesthetics covering visual and audio aspects. In the past year, War Thunder received various complaints from players and official content partners, such as Tymtra (2023) who publicly expressed her dissatisfaction through his Youtube videos. Issues including low rewards, high vehicle repair costs, and unbalanced gameplay mechanics are now the focus of evaluation. Through MDA Framework analysis and playtesting, this research seeks to provide a foundation for developers to improve the quality of the game, creating a more optimized and satisfying gaming experience for War Thunder players.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150059 |
Uncontrolled Keywords: | War Thunder, Playtesting, MDA Framework, Perbaikan Gameplay, Paper Prototyping- War Thunder, Playtesting, MDA Framework, Gameplay Improvement, Paper Prototyping. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 02:14 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215481 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dennis Setiadi Prajoko.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |