Evaluasi  Playtesting  Gim  War  Thunder Menggunakan  Metode MDA Framework

Prajoko, Dennis  Setiadi and Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom and and Muhammad  Aminul Akbar, S.Kom. , M.T. (2024) Evaluasi  Playtesting  Gim  War  Thunder Menggunakan  Metode MDA Framework. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam  era  kemajuan  internet,  layanan  hiburan  seperti  permainan  video,  atau  video  game,  telah  menjadi  fenomena  global  dengan  akses  yang  mudah  bagi  seluruh  lapisan  masyarakat.  Permainan  daring  atau  online  games  kini  memungkinkan  sejumlah  besar  pemain  untuk  berinteraksi  melalui  jaringan  internet, menarik perhatian berbagai kelompok usia mulai dari anakanak hingga  dewasa. Salah satu contoh permainan daring yang mempopulerkan genre simulasi  militer  adalah  War  Thunder,  yang  dirilis  oleh Gaijin  Entertainment  pada  tahun  2013.  Game  ini  menawarkan  pengalaman  pertempuran  Massively Multiplayer  Online  (MMO)  dengan  mode  Conquest,  di  mana  dua  tim  bersaing  untuk  mengendalikan titik strategis dan menghabiskan poin lawan. Evaluasi Playtesting  pada  War  Thunder  menggunakan  metode  MDA  (Mechanics,  Dynamics,  dan  Aesthetics)  Framework  yang  pada  awalnya  dirancang  sebagai  kerangka  kerja  untuk proses game design. Namun, dalam penelitian ini digunakan untuk evaluasi  gameplay  dengan  tujuan  untuk  mendapatkan  pemahaman  mendalam  tentang  kualitas  pengalaman  bermain  saat  ini.  Dalam  proses  playtesting,  sekelompok  pemain  dengan  latar  belakang  dan  tingkat  pengalaman  yang  beragam menguji  secara  langsung  game  ini.  Dengan menganalisis  aspekaspek MDA  Framework,   seperti  Mechanics  yang  melibatkan  aturan  dan  interaksi  dalam  permainan,   Dynamics  yang  berkaitan  dengan  interaksi  antar  pemain  dan  mekanisme  permainan,  serta  Aesthetics  yang  mencakup  aspek  visual  dan  audio.  Dalam  setahun terakhir, War Thunder menerima berbagai keluhan dari pemain dan mitra  konten  resmi,  seperti  Tymtra  (2023)  yang  secara  terbuka  menyampaikan  ketidakpuasannya  melalui  video  Youtube.  Berbagai  isu  termasuk  reward  yang  rendah,biaya  perbaikan  kendaraan  tinggi,  dan  ketidakseimbangan  mekanik  gameplay,  kini  menjadi  fokus  evaluasi.  Melalui  analisis  MDA  Framework  dan  playtesting,  penelitian  ini  berupaya  memberikan  landasan  bagi  pengembang  untuk meningkatkan kualitas permainan, menciptakan pengalaman bermain yang  lebih optimal dan memuaskan untuk para pemain War Thunder.

English Abstract

In the age of internet advancement, entertainment services such as video games  have become a global phenomenon with easy access to all walks of life. Online  games now allow a large number of players to interact over the internet, attracting  a wide range of age groups from children to adults. One example of an online game  that popularized the military simulation genre is War Thunder, released by Gaijin  Entertainment in 2013. This game offers a Massively Multiplayer Online (MMO)   battle  experience  with  Conquest  mode,  where  two  teams  compete  to  control  strategic points and deplete the opponent's points. Playtesting evaluation in War  Thunder uses the MDA (Mechanics, Dynamics, and Aesthetics) Framework method  which was originally designed as a framework for game design process. However,   in this study it was used for gameplay evaluation with the aim of gaining an indepth  understanding  of  the  quality  of  the  current  play  experience.  In  the  playtesting process, a group of players with diverse backgrounds and experience  levels put the game to the test. By analyzing aspects of the MDA Framework, such  as Mechanics involving rules and interactions in the game, Dynamics relating to  interactions between players and game mechanics, and Aesthetics covering visual  and audio aspects. In the past year, War Thunder received various complaints from  players and official content partners, such as Tymtra (2023) who publicly expressed  her dissatisfaction through his Youtube videos. Issues including low rewards, high  vehicle  repair  costs, and unbalanced gameplay mechanics are now  the focus of  evaluation. Through MDA Framework analysis and playtesting, this research seeks  to provide a foundation for developers to improve the quality of the game, creating  a more optimized and satisfying gaming experience for War Thunder players.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150059
Uncontrolled Keywords: War  Thunder,  Playtesting, MDA  Framework,  Perbaikan  Gameplay,   Paper Prototyping- War Thunder, Playtesting, MDA Framework, Gameplay Improvement,   Paper Prototyping.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:14
Last Modified: 20 Feb 2024 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215481
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dennis Setiadi Prajoko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item