Prioritas Peningkatan Kinerja Operasional dan Pelayanan Stasiun Palmerah, Jakarta Pusa

Fadilla, Deydra Ananda and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP. and Nailah Firdausiyah, ST., MT., M.Sc., Ph.D (2023) Prioritas Peningkatan Kinerja Operasional dan Pelayanan Stasiun Palmerah, Jakarta Pusa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stasiun Palmerah terletak di pusat Jakarta dan dekat dengan banyak pusat bisnis, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan area perumahan sehingga memiliki peran penting dalam meningkatkan mobilitas penduduk Jakarta dan sekitarnya karena lokasinya yang strategis dan peran utamanya dalam menghubungkan berbagai wilayah Jabodetabek. Namun beberapa fasilitas yang terdapat di Stasiun Palmerah masih ada yang belum sesuai dengan fungsi ataupun standar yang telah ditetapkan dan masih terjadi crossing antara pejalan kaki dengan kendaraan pribadi atau sesama pejalan kaki pada beberapa titik di Stasiun Palmerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna, mengevaluasi kinerja operasional dan pelayanan, serta menentukan prioritas peningkatan kinerja operasional dan pelayanan Stasiun Palmerah. Terkait kinerja operasional menganalisis kebutuhan ruang dan sirkulasi di Stasiun Palmerah. Data diperoleh dari observasi dan kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis level of service serta analisis deskriptifkomparatif untuk kebutuhan ruang, dan untuk analisis kinerja pelayanan menggunakan IPA dan data diperoleh dari kuisioner. Ruang yang memenuhi standar di Stasiun Palmerah hanya Ruang Kepala Stasiun, Ruang Petugas Pengatur Kereta Api (PPKA), Ruang tunggu umum, dan Ruang ibu menyusui. Terkait sirkulasi, masih terjadi crossing antara orang dengan orang, orang dengan kendaraan, serta kendaraan dengan kendaraan pada beberapa titik di Stasiun Palmerah serta untuk level of service di Stasiun Palmerah memiliki nilai A sampai E. Terdapat 3 atribut pelayanan yang masuk dalam kuadran I yaitu terkait informasi kedatangan dan gangguan melalui speaker, musholla, serta ketersediaan priority seat. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan menjadi acuan untuk pihak Stasiun Palmerah meningkatkan serta mempertahankan kinerja operasional dan pelayanan yang telah diberikan.

English Abstract

Palmerah Station is located in the center of Jakarta and is close to many business centers, offices, shopping centers, and residential areas so it has an important role in increasing the mobility of the population of Jakarta and its surroundings because of its strategic location and its main role in connecting various Jabodetabek areas. However, several facilities at Palmerah Station are still not by the functions or standards set and crossings still occur between pedestrians and private vehicles or fellow pedestrians at several points at Palmerah Station. This research aims to determine user characteristics, evaluate operational and service performance, and determine priorities for improving operational and service performance at Palmerah Station. Regarding operational performance, analyzing space and circulation requirements at Palmerah Station. Data was obtained from observation and then analyzed using descriptive analysis and level of service analysis as well as descriptivecomparative analysis for space requirements and service performance analysis using IPA and data obtained from questionnaires. The only rooms that meet the standards at Palmerah Station are the Station Head's Room, the Train Control Officer's Room (PPKA), the general waiting room, and the breastfeeding mother's room. Regarding circulation, there is still a crossing between people and people, people and vehicles, and vehicles and vehicles at several points at Palmerah Station. The level of service at Palmerah Station has a value of A to E. There are 3 service attributes included in quadrant I, namely related to arrival information and disturbances through speakers, prayer rooms, and priority seat availability. The results of this research can be used as a reference for Palmerah Station to improve and maintain operational performance and services provided.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070420
Uncontrolled Keywords: Stasiun-Palmerah; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:05
Last Modified: 16 Feb 2024 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215386
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Deydra Ananda Fadilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item