Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan TKJ di SMKN 7 Malang

Krisna, Arya Wira and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan TKJ di SMKN 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan masalah yaitu penggunaan modul yang tidak interaktif dan statis dengan format pdf. Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-modul interaktif yang bisa digunakan oleh tenaga pendidik. Perancangan e-modul dilakukan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan pengguna dan konten yang akan disampaikan dalam e-modul. Tahap desain dilakukan dengan merancang struktur, alur penggunaan dan isi e-modul serta memilih tools yang akan digunakan untuk mengembangkan e-modul dengan format html. Tahap pengembangan dilakukan dengan membangun e-modul dan validasi e-modul. Tahap implementasi dilakukan dengan melakukan uji coba e-modul kepada pengguna dan mengumpulkan masukan untuk dievaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengevaluasi e-modul terhadap hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah berupa e-modul interaktif berbasis web, validasi e-modul didapatkan hasil dengan kriteria interpretasi sangat layak dan hasil evaluasi mendapatkan kriteria interpretasi sangat baik.

English Abstract

A difficulty with the use of static, non-interactive PDF components was discovered during this research. The purpose of this project is to create an interactive online module that instructors can use. The ADDIE paradigm was used to design the e-module. The five phases that make up the ADDIE model are Analysis, Design, Development, Implementation, and Assessment. This study employs a qualitative methodology and gathers data through surveys, interviews, and documentation. The study's findings demonstrate that the analysis step is completed by examining the information that the e-module will give as well as the needs of the user. During the design stage, the e-module's structure, use, and contents are designed. Additionally, the tools needed to construct the e-module in HTML format are chosen. Developing and validating e-modules is how the development stage is completed. During the installation phase, users test the e-module and provide feedback for evaluation. Evaluating the e-module based on learning outcomes completes the evaluation stage. The research yielded an interactive web-based module for interpretation, which was validated using extremely feasible criteria, and evaluation results that yielded very good criteria for interpretation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150037
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, e-modul, model ADDIE-learning media, e-module, ADDIE model.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:28
Last Modified: 16 Feb 2024 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215329
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arya Wira Krisna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item