Perancangan User Experience Aplikasi Edukasi Perawatan Osteoarthritis Menggunakan Metode Design Thinking

Wiranata, Arif and Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T and Fais Al Huda, S.Kom., M.Kom (2024) Perancangan User Experience Aplikasi Edukasi Perawatan Osteoarthritis Menggunakan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurangnya informasi dan edukasi kesehatan lutut bagi masyarakat menjadi sebuah permasalahan serius. Pasien cenderung mengandalkan metode tradisional seperti pijat dan obat-obatan tanpa resep, sementara ketidakdisiplinan dan penundaan konsultasi ke dokter juga menjadi isu serius bagi tenaga kesehatan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) merumuskan solusi berupa aplikasi mobile Self Education Programs of Osteoarthritis (SEPO). Dengan SEPO, pasien dapat mengakses informasi dan panduan perawatan sendi secara langsung melalui smartphone mereka. Untuk memastikan bahwa rancangan dapat mendorong pengguna untuk terus menggunakan aplikasi, diterapkanlah konsep gamification yaitu pemberian hadiah yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi, konsistensi dan efektivitas perawatan. Metode yang digunakan dalam melakukan perancangan adalah design thinking yang bertujuan untuk memahami pengguna dan mendefinisikan masalah. Pengujian rancangan menggunakan metode Rapid Iterative Testing and Evaluation (RITE) dengan 2 perulangan serta 5 responden pada pengujian pertama dan 7 responden pada pengujian kedua. Hasil akhir rancangan memperoleh nilai kepuasan 88.57 yang masuk kategori Acceptable pada acceptability ranges, B pada grade scale, dan excellent pada adjective ratings. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan desain solusi mudah untuk dipahami dan digunakan serta fitur dan informasi yang disediakan mudah untuk ditemukan.

English Abstract

The lack of knee health information and education for the public is a serious problem. Patients tend to rely on traditional methods such as massage and nonprescription drugs, while indiscipline and delays in consulting a doctor are also serious issues for health workers. To overcome these challenges, Faculty Of Medicine University of Brawijaya (FKUB) formulated a solution in the form of the Self Education Programs of Osteoarthritis (SEPO) mobile application. With SEPO, patients can access joint care information and guidance directly through their smartphones. To ensure that the design can encourage users to continue using the application, the concept of gamification is applied, namely the provision of rewards that aim to increase motivation, consistency and effectiveness of care. The method used in designing is design thinking which aims to understand users and define problems. Testing the design using the Rapid Iterative Testing and Evaluation (RITE) method with 2 iterations and 5 respondents in the first test and 7 respondents in the second test. The final result of the design obtained a satisfaction score of 88.57 which was categorized as Acceptable in acceptability ranges, B on the grade scale, and excellent in adjective ratings. The test results show that the solution design is easy to understand and use and the features and information provided are easy to find.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150033
Uncontrolled Keywords: osteoarthritis, gamification, RITE, system usability scale-osteoarthritis, gamification, RITE, system usability scale.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:42
Last Modified: 16 Feb 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arif Wiranata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item