Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Daging Sapi Di Pasar Tradisional Amahami Kota Bima.

Trihapsari, Anisya and Prof. Dr. Ir. Budi Hartono, MS., IPU., ASEAN Eng (2024) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Daging Sapi Di Pasar Tradisional Amahami Kota Bima. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging sapi merupakan bahan pangan hewani yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat karena rasanya yang lezat dan bergizi tinggi karena kaya akan protein, lemak, mineral serta zat lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Keunggulan lain dari daging adalah bahwa protein daging lebih mudah dicerna daripada yang berasal dari protein nabati. Selain bermanfaat bagi tubuh, daging juga dapat memberikan kepuasan dan kenikmatan bagi yang memakannya karena memiliki aroma dan rasanya yang enak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa rata-rata jumlah permintaan daging sapi oleh konsumen di Pasar Tradisional Amahami Kota Bima serta menganalisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam memilih daging sapi di Pasar Tradisional Amahami Kota Bima. Metode yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian daging sapi di pasar Tradisional Amahami Kota Bima. Pengambilan sampel yang dilakukan kepada 100 responden. Penelitian dilakukan pada 9 Oktober sampai 29 Oktober 2023 di Pasar Tradisional Amahami, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Teknik pengambilan data menggunakan teknik accidental sampling dengan melakukan observasi, wawancara, dan kuisioner menjadi instrumen penelitian yang dilakukan langsung di lokasi penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan SPSS Statistics versi 25 yang meliputi uji secara deskriptif dan dengan menggunakan analisis faktor yang terdiri dari Uji Berlett, Uji KMO, Uji MSA yang dilanjutkan dengan Uji Asumsi klasik yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Autokorelasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan dari hasil analisis faktor, diperoleh uji validasi dengan Hasil uji KMO dan Bartlett’s test lebih dari 0.5 yaitu 0,644 sehingga analisis faktor bisa dilanjut dengan uji MSA. Nilai uji MSA yaitu lebih dari sama dengan 0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa item-item dari setiap variabel sudah memadai untuk dianalisis lebih lanjut. Faktor-faktor yang terbentuk yaitu Faktor pertama menjadi Marketplace dan informasi konsumen lain. Faktor kedua yakni ketelitian penjual, kebersihan dan variasi pembayaran. Faktor ketiga yaitu kemudahan iklan facebook dan harga produk. Faktor keempat kualitas produk dan kenyamanan mengantri. Faktor kelima lokasi, penetapan harga dan kemudahan transaksi. Faktor keenam sarana parker dan sikap penjual terhadap konsumen. Sehingga faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging konsumen dari Pasar Tradisonal Amahami Kota Bima Nusa Tenggara Barat secara positif dan signifikan adalah Marketplace dan informasi konsumen lain (Faktor 1), ketelitian penjual, kebersihan dan variasi pembayaran (Faktor 2) dan kualitas produk dan kenyamanan mengantri (Faktor 4). Berdasarkan yang diperoleh kesimpulan bahwasanya karakteristik konsumen yang melakukan pembelian daging sapi di Pasar Tradisional Amahami Kota Bima, rata rata potongan daging yang paling diminati adalah daging iga dengan 40% peminat, Mayoritas responden dalam penelitian ini adalah perempuan 66 responden, dengan rentan usia 31- 65 dengan 51 responden, dengan tingkat pendidikan SMA dengan jumlah 51 responden, dengan mayoritas pekerjaan ibu rumah tangga sebnayak 77 responden, pendapatan bulanan 1-2 juta sebanyak 35 responden. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel produk memiliki nilai rata-rata 25,25%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel harga memiliki nilai ratarata 86,25%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel saluran distbusi memiliki nilai rata-rata 73,25%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel promosi memiliki nilai rata-rata 80,25%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel orang memiliki nilai rata-rata 79,72%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel proses memiliki nilai rata-rata 97,50%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel sarana fisik memiliki nilai ratarata 75,62%. Berdasarakan presepsi konsumen mengenai variabel Y memiliki nilai rata-rata 94,50%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah permintaan daging sapi di Pasar Tradisional Amahami didominasi oleh minat konsumsi daging potongan iga, dengan rata-rata daging yang di konsumsi adalah 1,94kg/bulan atau 0,0646kg/hari. Serta faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging konsumen dari Pasar Tradisional Amahami Kota Bima Nusa Tenggara Barat secara positif dan signifikan adalah Marketplace dan informasi konsumen lain (Faktor 1), ketelitian penjual, kebersihan dan variasi pembayaran (Faktor 2) dan kualitas produk kenyamanan mengantri (Faktor 4). Saran dalam penelitian ini adalah untuk penelitian selanjutnya ditambahkan lebih banyak variabel-variabel lain yang bisa berpengaruh pada keputusan pembelian yang belum ada dalam penelitian ini serta diharapkan hasil penelitian dapat menambah referensi bagi konsumen dalam mengambil keputusan terkait pembelian daging sapi sehingga meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

English Abstract

Research was conducted at Amahami Traditional Market located at Bima City, Nusa Tenggara Barat. This study was proposed to understand the factors that influences the decision making of consumer when purchasing beef in Amahami Traditional Market at Bima City, Nusa Tenggara Barat. Criteria of respondent are consumer just buying a meat at the traditional market during the time of research and spreading of questionnaire both on-site. The number of respondents is 100. Data collection was held from the 1st of September to the 31st of October of 2023. To gather primary data, accidental sampling method was used in order to determine the respondents for this research, while the secondary data is obtained from literature study. Results showed that the consuption of beef of the consumer at Amahami Traditional Market is dominated by the rib cut with an average consumption of 1,94kg/month or 0,0646kg/day. With factors that affects that decision making of consumers being the availability of marketplace, information from other consumers, cleanliness of product, sellers eye for detail, varied payment options, quality of beef cut and convenience of queuing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Factors, Decision Making, Cut, Information, Quality, Variety.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:04
Last Modified: 01 Feb 2024 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215309
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anisya Trihapsari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2026.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item