Evaluasi Antarmuka Pengguna Media Pembelajaran Digital LetsCode Dengan Metode Usability Testing Dan Cognitive Walkthrough

Ubaydillah, Achmad Afif and Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds and Dr. Eng. Fitra A. Bachtiar, S.T., M.Eng. (2024) Evaluasi Antarmuka Pengguna Media Pembelajaran Digital LetsCode Dengan Metode Usability Testing Dan Cognitive Walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Website menjadi media yang penting untuk memberikan kemudahan layanan dalam proses kegiatan pembelajaran. Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya yang memanfaatkan website sebagai media pembelajaran. Salah satunya pada mata kuliah wajib Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ketika kegiatan pembelajaran praktikum dilaksanakan, asisten praktikum menggunakan media pembelajaran website hackerrank.com. Tetapi, website ini hanya dapat berkomunikasi secara 1 arah. Oleh karena itu, salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mengkaji dan mengembangkan sebuah media pembelajaran digital LetsCode dengan menerapkan metode pair programming guna meningkatkan pemahaman materi serta kemampuan problem solving dan melatih komunikasi peserta didik secara kolaboratif dalam materi Pemrograman Dasar. Namun, ketika proses pembelajaran berjalan terdapat kendala yang menjadikan pengguna kesulitan untuk mengoperasikan media pembelajaran LetsCode dikarenakan latar belakang pengetahuan dan wawasan pengguna yang berbeda-beda dalam hal mengakses website media pembelajaran. Dengan itu, pengguna belum bisa beradaptasi dengan sistem serta sistem ini masih tergolong baru dan oleh sebab itu dilakukan evaluasi antarmuka pengguna untuk mengetahui seberapa mudah sistem digunakan oleh pengguna. Menggunakan metode Usability Testing untuk mengetahui kriteria Efficiency, Effectiveness, dan Satisfaction serta menggunakan metode Cognitive Walkthrough untuk mengetahuui kriteria Learnability pada suatu sistem yang baru dengan usability experts. Evaluasi dilakukan dengan melakukan pengujian task scenario, wawancara, dan memberikan kuesioner System Usability Scale (SUS) kepada responden. Dari hasil evaluasi, didapatkan nilai untuk kriteria Efficiency parameter timed-based efficiency bahwa responden dapat menyelesaikan 0.012 tugas dalam 1 detik, parameter overall relative efficiency memiliki rata-rata nilai 90%. Nilai aspek Effectiveness dengan success rate memiliki nilai sebesar 89,46% dan error rate memiliki nilai 7%. Kriteria Satisfaction mendapatkan nilai sebesar 75,6. Serta mendapatkan 15 permasalahan beserta rekomendasi perbaikan.

English Abstract

Websites are an important medium for providing easy services in the learning process. Department of Information Systems, Faculty of Computer Science, Brawijaya University which uses websites as learning media. One of them is in the mandatory courses at the Faculty of Computer Science, Brawijaya University, when practicum learning activities are carried out, the practicum assistant uses the learning media website hackerrank.com. However, this website can only communicate in one direction. Therefore, one of the students of the Information Technology Education study program, Faculty of Computer Science, Brawijaya University, studied and developed a digital learning media, LetsCode, by applying the pair programming method to improve understanding of the material and problem solving skills and train students' communication collaboratively in Basic Programming material. However, issues with its operation were discovered, including the fact that users found it challenging to use the LetsCode learning materials because of their varied user backgrounds, making it impossible for them to adjust to the system. Additionally, because the system was still relatively new, an assessment of the user interface was conducted to determine how simple it was for users to use. Using the Usability Testing method to find out the criteria for Efficiency, Effectiveness and Satisfaction and using the Cognitive Walkthrough method to find out the Learnability criteria in a new system with usability experts. Evaluation is carried out by testing task scenarios, interviews, and giving System Usability Scale (SUS) questionnaires to respondents. From the evaluation results, the value for the timed-based efficiency parameter Efficiency criterion was that respondents could complete 0.012 tasks in 1 second, the overall relative efficiency parameter had an average value of 90%. The value of the Effectiveness aspect with a success rate has a value of 89.46% and an error rate has a value of 7%. The Satisfaction criteria get a value of 75.6. And get 15 problems along with recommendations for improvement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150016
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Antarmuka Pengguna, Media Pembelajaran, Task Scenario, Usability Testing, Cognitive Walkthrough-User Interface Evaluation, instructional Media, Task Scenario, Usability Testing, Cognitive Walkthrough.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:03
Last Modified: 15 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215227
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Afif Ubaydillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item