Pengaruh Perceived Influence terhadap Loyalitas Merek yang Dimediasi oleh Kepercayaan Merek pada Konsumen Otomotif di Media Sosial YouTube

Arzaqi, Zam and Prof. Dr. Sumiati, SE., MSi., CSRS., CFP and Prof. Dr. Surachman, SE., MSIE (2023) Pengaruh Perceived Influence terhadap Loyalitas Merek yang Dimediasi oleh Kepercayaan Merek pada Konsumen Otomotif di Media Sosial YouTube. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar otomotif di Indonesia adalah salah satu yang paling berpotensi di dunia, namun persaingan di industri sepeda motor semakin kompetitif. Hal tersebut mendorong perusahaan sepeda motor di indonesia mengembangkan dan memelihara loyalitas pelanggan, sehingga diharapkan perusahaan akan mendapatkan keuntungan jangka panjang. Yamaha menjadi salah satu perusahaan yang kurang memaksimalkan loyalitas pelanggan mereka, dimana penjualan masih fluktuatif pada beberapa tahun terakhir. Sehingga strategi komunikasi kreatif, seperti memanfaatkan influencer digital di media sosial Youtube menjadi hal yang harus dipertimbangkan oleh Yamaha dalam membangun dan memelihara loyalitas pelanggan mereka. Dimana saat ini Youtube adalah media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived influence terhadap word-of-mouth dan niat beli ulang dengan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang pernah melakukan pembelian sepeda motor merek Yamaha dan mengikuti influencer otomotif di media sosial Youtube. Penelitian ini memperoleh 206 sampel yang disebarkan melalui berbagai media sosial yang ada. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS melalui program SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Influencer otomotif di media sosial Youtube berperan sebagai pemberi informasi yang efektif dan mampu meningkatkan kepercayaan, loyalitas perilaku, dan sikap pengikutnya terhadap merek Yamaha. Kepercayaan merek mampu meningkatkan loyalitas perilaku maupun sikap konsumen yang dipengaruhi oleh influencer otomotif di media sosial Youtube.

English Abstract

Indonesian market for automotive industry is one of the most globally potential, but the competition in the motorcycle sector is getting more intense. This situation has encouraged motorcycle companies in the country to develop and maintain customer loyalty to gain long-term profit. Yamaha is one of the companies that have not maximized the loyalty of its customers, as proven by the fluctuating sales level during the last few years. This company needs to consider the utilization of creative communication strategies, such as hiring digital influencers in YouTube, to create and maintain the loyalty of its customers, considering that YouTube is the most frequently accessed social media in Indonesia. The objective of this research is to assess the effects of perceived influence on word-of-mouth and repurchase intention with brand trust as the mediating variable. The respondents are Indonesians who have purchased Yamaha motorcycles and follow the YouTube account of automotive influencers. The research data was harvested from 206 samples and was analyzed using SEM-PLS in SmartPLS 3. As all of the hypotheses were accepted, this study finds that automotive influencers in YouTube are effective information deliverers who are able to improve the trust, behavioral loyalty, and the attitude of their followers about Yamaha as a brand. Furthermore, brand trust is able to enhance both customer’s behavioral loyalty and attitude which are affected by automotive influencers in YouTube social media.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020141
Uncontrolled Keywords: Perceived Influence, Kepercayaan Merek, Word-of-Mouth, Niat Beli Ulang, Loyalitas, Otomotif
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:12
Last Modified: 31 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215187
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zam Arzaqi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item