Evaluasi Tanggapan dan Upaya Penyelesaian Perpajakan PT. XYZ atas Ketidaksesuaian Data pada SP2DK

Sa’diyah, Halimatus and Anisya Sukmawati, SE., MSA., Ak., CA., CPA., CRA., CP (2023) Evaluasi Tanggapan dan Upaya Penyelesaian Perpajakan PT. XYZ atas Ketidaksesuaian Data pada SP2DK. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi kronologis penerbitan SP2DK kepada PT. XYZ, tanggapan yang diberikan PT. XYZ atas terbitnya SP2DK, dan upaya yang diambil PT. XYZ dalam menyelesaikan urusan perpajakan atas temuan ketidaksesuaian data yang tercantum dalam SP2DK. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari wawancara dengan salah satu staf pajak PT. XYZ dan observasi secara langsung pada saat pengumpulan data untuk klarifikasi SP2DK, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur buku bacaan, jurnal, serta literatur lainnya yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. XYZ memberikan tanggapan dengan mengakui beberapa poin koreksi atas penghasilan yang belum dilaporkan pada tahun 2019 sehingga upaya penyelesaian yang diambil ialah dengan membetulkan SPT Tahunannya dan bersedia membayarkan pajak yang masih harus dibayar. Namun, masih ada beberapa poin yang masih harus dievaluasi terkait penyimpanan dokumen yang tidak terorganisir dengan baik, serta ditemukan ketidaksesuaian data pencatatan atas data yang telah dilaporkan sebelumnya dengan data yang dimiliki DJP. Maka dari itu, penulis memberikan saran dan masukan kepada PT. XYZ agar memperbaiki sistem pengendalian internal terhadap data-data pajaknya dengan sebaik mungkin pada masa yang akan datang.

English Abstract

This study aims to determine and evaluate the chronology of the issuance of SP2DK to PT. XYZ, the response given by PT. XYZ for the issuance of SP2DK, and the efforts taken by PT. XYZ in resolving tax matters on findings of data discrepancies listed in the SP2DK. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. Sources of data used are primary data and secondary data, primary data obtained from interviews with one of the tax staff of PT. XYZ and direct observation during data collection for completing SP2DK, while secondary data was obtained from literature studies of reading books, journals and other related literature. The results of this study indicate that PT. XYZ responded by acknowledging several points of correction for income that had not been reported in 2019 so that the resolution taken was to correct the annual tax return and be willing to pay taxes that were still being paid. However, there are still a number of points that need to be evaluated related to the storage of documents that are not properly organized, as well as the discovery of discrepancies in data recording of previously reported data with the data owned by the DGT. Therefore, the authors provide suggestions and input to PT. XYZ to improve the internal control system for its tax data as well as possible in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: SP2DK, Ketidaksesuaian data, Tanggapan, SPT Tahunan
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:31
Last Modified: 31 Jan 2024 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214940
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Halimatus Sa'diyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item