Upaya Pemerintah Daerah Dalam Mengurangi Pengangguran (Studi Pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Malang)

Aini, Nur and Dr. Siti Rochmah, M.si and Drs. Abdul Wachid, MAP (2015) Upaya Pemerintah Daerah Dalam Mengurangi Pengangguran (Studi Pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengangguran menjadi masalah publik yang harus segera diselesaikan, karena dengan adanya pengangguran mempunyai dampak negatif seperti banyaknya kriminalitas,pengamen dan pengemis. Pengangguran tidak hanya disebabkan oleh memyempitnya lapangan kerja akan tetapi juga disebabkan oleh kurangnya ketrampilan yang dimiliki oleh pencari kerja. Oleh karena itu sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk mengatasi pengangguran. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama adalah bagaimana Upaya Pemerintah daerah kota Malang dalam mengurangi pengangguran yang kedua apa saja kendala yang dihadapi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kota Malang dalam upaya mengurangi pengangguran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana upaya pemerintah daerah dalam mengurangi pengangguran di kota Malang dan apa kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam upaya mengurangi pengangguran di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Namun yang menjadi kendala adalah masalah pendanaan, kurang minatnya pencari kerja yang mengikuti pelatihan menyebabkan kurang maksimalnya upaya penanggulangan pengangguran di kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka pemerintah harus tegas dalam mengatasi pengangguran di kota Malang dengan kebijakan yang sudah ada. Beberapa hal yang dapat disarankan dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kerjasama dengan lembaga swasta berkaitan dengan pengadaan lowongan pekerjaan. Kedua, meningkatkan mutu pendidikan dan mendirikan fasilitas pelatihan tenaga kerja yang lebih banyak yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Dan yang terakhir adalah, meningkatkan dan mendorong kewiraswastaan dengan cara memberikan penyuluhan, pembinaan dan pelatihan kerja kepada masyarakat untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya masing-masing.

English Abstract

Unemployment is a public issue that must be completed because with the existence of unemployment negatively impacts like many criminality, buskers and beggars. Unemployment is caused not only by not worth it job opportunities but also caused by a lack of skills possessed by job seekeers. Hence already become the regional government to tackle unemployment. Based on it synthesis problem in this research the first is howlocal government efforts malang in reducing unemployment second what course obstacles faced by the department of employment and transmigration unfortunate city an attempt to reduce unemployment. The purpose of this research to know described and analyzed howlocal government efforts in reducing unemployment in the town of malang and what obstacles faced local government in an effort reduse unemploymentin the town of malang The type research that used is the of research descriptive with a qualitative approach. Consisting of the primary data sources of data and data collected by skunder data collection techniques throught observation, interviews and documentation. Data analysis using data analysis in this research interactive model, consisting of the reduction of data, presentation of data and the withdrawal of conclusion. But really the obstacles is available funds, less his real passion job seekers who take the cause maximum less the effort to reduce unemployment in the city of malang. Based on the results of the research, the government must be firm to overcome unemployment in malang with the existing policies. A several things that can be suggested from this study is the need for increased cooperation with private institutions related to providing jobs. Second, improve the quality of education and establish workers training facility which more adequate so they can adapt to the needs of the workforce. And the last is, to promote and encourage enterpreneurship by providing counseling, coaching and job training to the society to be able to create their own jobs according to their ability and interest respectively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 051503
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:48
Last Modified: 31 Jan 2024 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214801
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item