KONSEP NEW MUSEOLOGY DENGAN PENDEKATAN SPACE SYNTAX PADA RUANG PAMER MUSEUM KONTEMPORER DI KOTA BATU

Sari, Hela Radika and Dr.techn. Ir. Yusfan Adeputera Yusran,, ST., MT.Ars., IPM., ASEAN and Dr. Ir. Lisa Dwi Wulandari,, ST., MT., CIQaR., CIQnR., CIMMR (2023) KONSEP NEW MUSEOLOGY DENGAN PENDEKATAN SPACE SYNTAX PADA RUANG PAMER MUSEUM KONTEMPORER DI KOTA BATU. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bentuk museum saat ini hendaknya telah mengimplementasikan konsep museologi baru. Konsep ini menjelaskan bahwa peran museum tidak hanya dianggap sebagai institusi konservasi, melainkan juga sebagai tempat edukasi dan bersosialisasi yang mengakui adanya pemaknaan tidak tunggal. Adapun tujuan dari konsep museologi baru adalah untuk melibatkan pengunjung museum secara lebih aktif, memfasilitasi aksesibilitas informasi, serta memberikan pengalaman dan pembelajaran yang lebih berarti. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa museum saat ini hendaknya telah menerapkan konsep museologi baru, namun sayangnya masih belum banyak penelitian tentang museum di Indonesia, sehingga terdapat celah pengetahuan antara museologi baru dan penerapannya. Jumlah total museum di Indonesia sampai tahun 2022 mencapai angka 439, namun tampaknya besaran kuantitas ini tidak menjamin kualitas museum. Keadaan ini diperparah oleh kurangnya minat berkunjung ke museum, sehingga banyak museum yang gagal menjalankan perannya. Sementara itu, keadaan berbeda terjadi pada museum-museum di kota kecil Provinsi Jawa Timur, yaitu Kota Batu. Museum-museum di Kota Batu sudah berupaya menjadi 'mengkini' dan memiliki keragaman tema yang menarik pengunjung untuk datang. Keberhasilan museum kontemporer di Kota Batu perlu dianalisis lebih lanjut, terutama untuk melihat bagaimana museum ini mengimplementasikan konsep museologi baru dan bagaimana museum ini memberikan pengalaman pengunjung yang menarik.

English Abstract

The current form of the museum should have implemented the new museology concept. This concept explains that the museum is not only a conservation institution but also a place of education and socialization that recognizes no single meaning. The purpose of the new museological concept is to engage museum visitors more actively, facilitate information, and provide meaningful experiences and learning. Unfortunately, there is not much research about museums in Indonesia, so there is a gap in knowledge between new museology and its application. The total number of museums in Indonesia until 2022 is 439. Nevertheless, this quantity does not guarantee the quality of the museums. This situation gets worse by the lack of interest in visiting museums. Meanwhile, a different condition occurred at museums in the City of Batu. They have tried to be 'up to date' and have a variety of themes that attract visitors. The success of the contemporary museum in Batu City needs further analysis, especially to see how this museum implements new museological concepts.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042307
Uncontrolled Keywords: museologi, museologi baru, museum, desain museum, spasia
Divisions: S2/S3 > Magister Perencanaa Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik
Depositing User: Unnamed user with username iwan
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:51
Last Modified: 26 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214353
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hela Radika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Actions (login required)

View Item View Item