Analisis Anteseden Bisnis Hijau (Green Business) Terhadap Kinerja Berkelanjutan yang Dimoderasi Tekanan Pelanggan (Studi di UKM Sektor Pangan Kota Batu, Jawa Timur)

Kurnia, Muhammad Fathin Faris Aji and Prof. Dr. Ir. Endah Rahayu Lestari, MS (2023) Analisis Anteseden Bisnis Hijau (Green Business) Terhadap Kinerja Berkelanjutan yang Dimoderasi Tekanan Pelanggan (Studi di UKM Sektor Pangan Kota Batu, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerusakan lingkungan mendorong perusahaan untuk mempertanggung jawabkan aspek lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya. Dalam strategi bisnis harus memperhatikan kinerja berkelanjutan bisnis yang mempertimbangkan dimensi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Permasalahan lingkungan berasal dari keterbatasan daya dukung sumber daya dalam menjalankan usaha perlu dilakukan pengembangan industri yang ramah lingkungan. Bisnis hijau merupakan strategi bisnis berkelanjutan dengan kerangka kerja untuk menciptakan nilai yang dipengaruhi oleh isu-isu keberlanjutan. Komitmen kepedulian lingkungan dari perusahaan akan memberikan dorongan untuk upaya meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan. Pemahaman ini diperlukan karena menjadi pemicu perusahaan untuk menjaga kesejahteraan lingkungan industri. Penerapan bisnis hijau didorong oleh regulasi lingkungan yang berperan dalam menumbuhkan ekonomi yang sehat dan tetap mempertimbangkan faktor lingkungan. Perusahaan memerlukan pengakuan dari masyarakat atas kinerja sosial yang telah dicapai. Pencapaian kinerja berkelanjutan yang superior menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan. Hal ini bisa diperkuat dengan mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap produk ramah lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di UKM Sektor Pangan yang beroperasi di wilayah Kota Batu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan bisnis hijau terhadap kinerja berkelanjutan serta faktor yang mempengaruhinya baik dari internal maupun eksternal. Model structural pada penelitian ini menggunakan pendekatan PLS (SEM–PLS). Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel tanggung jawab sosial perusahaan dan kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap bisnis hijau. Variabel regulasi pemerintah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap bisnis hijau. Variabel bisnis hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja berkelanjutan. Sedangkan variabel tekanan pelanggan tidak signifikan mempengaruhi terhadap bisnis hijau terhadap kinerja berkelanjutan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan bisnis hijau ini dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan usahanya dengan memperhatikan faktor pendukung pelaksanaan bisnis hijau.

English Abstract

Environmental damage encourages companies to be accountable for environmental aspects in conducting their business. Business strategy should focus on the sustainable performance that consider about economic, social, and environmental dimention. Environmental problems originate from the limited carrying capacity of resources in running a business; it is necessary to develop environmentally friendly industries. Green business is a sustainable business strategy with a framework for creating value that is influenced by sustainability issues. The company's commitment to environmental care will provide impetus for efforts to minimize negative impacts on the environment. This understanding is necessary because it is a trigger for companies to maintain the welfare of the industrial environment. The implementation of green business is driven by environmental regulations that play a role in growing a healthy economy while still considering environmental factors. Companies need recognition from the community for the social performance that has been achieved. The application of green business can provide benefits for companies to have an advantage compared to other companies. Achieving superior sustainable performance is a competitive advantage for the company. This can be strengthened by maintaining customer loyalty to environmentally friendly products. This research was carried out in Food Sector SMEs operating in the Batu City area. The purpose of this study is to analyze the effect of implementing green business on sustainable performance and the factors that influence it whether from internal or external factors. In this study, structural model is based on partial least square (SEM-PLS). The result of this research is proved that corporate social responsibility and environment concern have a positive and significant influence on green business. Environmental regulation have a negative and insignificant influence on green business. Green business have a positive and significant influence on sustainable performance, while customer pressure insignificant influence on sustainable performance. We can conclude that the implementation of green business could be the chance for the firm owner to increase the firm sustainable performance by focus on the supporting factors implementation of green business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052310
Uncontrolled Keywords: UKM, Bisnis Hijau, Kepedulian Lingkungan, Kinerja Berkelanjutan-SMEs, Green Business, Environmental Concern, Sustainable Performance
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:42
Last Modified: 01 Feb 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213862
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fathin Faris Aji Kurnia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item