Rancang Bangun Prototype Mesin Sortasi Apel Manalagi (Malus sylvestris Mill) Menggunakan Sensor TCS3200 dan Load Cell

Gusti, Khusika Dhamar and Ir. Usman Effendi, MS and Mas’ud Effendi, STP. MP. (2024) Rancang Bangun Prototype Mesin Sortasi Apel Manalagi (Malus sylvestris Mill) Menggunakan Sensor TCS3200 dan Load Cell. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apel merupakan salah satu tanaman buah yang dapat dibudidayakan di Indonesia dan merupakan jenis buah-buahan yang memiliki beragam jenis warna. Salah satu jenis apel adalah apel manalagi (Malus sylvestris Mill) yang banyak dibudidayakan di Kota Batu. Untuk mendapatkan bahan baku apel manalagi yang berkualitas dapat dilakukan dengan menerapkan proses sortasi. Pada umumnya, penyortiran buah apel dilakukan secara manual dengan mengandalkan pengindraan manusia. Sehingga, tidak ada nilai yang bisa ditetapkan sebagai standar ukuran dalam pengklasifikasian buah yang baik ataupun buruk pada tingkat kematangan buah apel manalagi. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype mesin sortasi apel berbasis sensor warna dan berat. Rancang bangun pada penelitian ini dilakukan dengan metode prototyping. Prototype dirancang menggunakan Arduino UNO dengan menggunakan sensor TCS3200 sebagai sensor pembaca warna dan load cell sebagai sensor pembaca berat buah apel. Salah satu tahap yang dilakukan pada penelitian ini adalah perancangan struktural. Perancangan struktural pada penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu perancangan struktural pada desain dan elektronika. Perancangan pada desain dilakukan dengan bantuan aplikasi AutoCAD sedangkan pada rancangan elektronika menggunakan aplikasi Fritzing. Rancang bangun alat ini akan dibuat dengan menggunakan bahan kertas karton dengan ketebalan 5 mm. Pengujian alat dilakukan dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja dari alat. Pengujian yang dilakukan secara langsung dengan mengoperasikan alat. Pengujian ini meliputi kalibrasi sensor warna TCS3200 dan sensor pembaca berat load cell. Pengamatan dan pengambilan data pada penelitian ini menggunakan 10 buah apel manalagi yang meliputi 5 buah apel manalagi dalam kondisi baik dan 5 buah apel manalagi dalam kondisi busuk. Dari hasil pengujian pada sepuluh sampel buah apel manalagi kemudian didapatkan nilai keberhasilan alat sebesar 80%.

English Abstract

Apples are one of the fruit plants that can be cultivated in Indonesia and are a type of fruit that has various types of colors. One type of apple is the Manalagi apple (Malus sylvestris Mill) which is widely cultivated in Batu City. To get quality Manalagi apple raw materials, you can use a sorting process. In general, apple sorting is done manually by relying on human sensing. Thus, there is no value that can be set as a standard measure in classifying good or bad fruit according to the maturity level of Manalagi apples. This research aims to design a prototype apple sorting machine based on color and weight sensors. The design in this research was carried out using the prototyping method. The prototype was designed using an Arduino UNO using a TCS3200 sensor as a color reading sensor and a load cell as an apple weight reading sensor. One of the stages carried out in this research is structural design. Structural design in this research is divided into two, namely structural design in design and electronics. The design was carried out using the AutoCAD application, while the electronics design used the Fritzing application. The design of this tool will be made using cardboard with a thickness of 5 mm. Tool testing was carried out in this research which aims to optimize the performance of the tool. Tests are carried out directly by operating the tool. This test includes calibration of the TCS3200 color sensor and load cell weight reader sensor. Observations and data collection in this study used 10 Manalagi apples, including 5 Manalagi apples in good condition and 5 Manalagi apples in rotten condition. From the test results on ten samples of Manalagi apples, the success value of the tool was obtained at 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524100015
Uncontrolled Keywords: prototyping, rancang bangun, sortasi, arduino, tcs3200, load cell, apel-prototyping, design, sorting, arduino, tcs3200, load cell, apple
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:55
Last Modified: 31 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213844
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khusika Dhamar Gusti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item